Erna Wulandari, (2012) PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SUBPOKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS V SDN 1 MERTAPADA KULON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Erna Wulandari_07479636___ok.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Erna Wulandari. 07479636. “PENGGUNAAN METODE KERJA KELOMPOK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SUBPOKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA KELAS V SDN 1 MERTAPADA KULON”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Januari 2012. Pembelajaran IPA di tingkat dasar hendaknya dapat mengarah pada kegiatan yang melibatkan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga pelajaran IPA di tingkat dasar (SD/MI) tidak lagi dianggap membosankan. berdasarkan hasil pengamatan siswa kelas V SDN 1 Mertapada Kulon cenderung pembelajaran terjadi secara satu arah hal tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang tidak memenuhi KKM yaitu 62, sehingga diperlukan suatu metode kerja kelompok guna meningkatkan hasil belajar siswa. Bertitik tolak dari uraian di atas, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penggunaan metode kerja kelompok sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA subpokok bahasan perubahan sifat banda. Sehingga hasil belajar siswa dapat memenuhi standar KKM yang sudah ditentukan. Semakin tinggi tingkat kecerdasan seseorang, semakin penting proses belajar bagi orang tersebut karena kemampuan berpikir tidak akan berkembang jika hanya mengandalkan kecerdasan saja tanpa adanya proses belajar yang dilakukan oleh orang tersebut. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan berdasarkan temuan melalui 3 kegiatan, yakni pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam memperoleh data penelitian melakukan pengamatan/observasi, dan tes secara tertulis untuk mengukur kemampuan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Berdasarkan data hasil penelitian setelah menggunakan metode kerja kelompok dapat dikatakan bahwa hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa menunjukan adanya peningkatan yang signifikan dan cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada prasiklus rata – rata hasil belajar hanya 60 yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai di atas atau sama dengan 62. Pada siklus I rata – rata hasil belajar menjadi 71,41, dan siklus II rata – rata hasil belajar naik menjadi 88,97. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan menggunakan metode kerja kelompok dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok, Ketuntasan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:17 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:51 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1332 |
Actions (login required)
View Item |