EUIS EFA YULIARTIKA, (2012) PENGGUNAAN MEDIA TUTORIAL ADOBE CAPTIVATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN SAINS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SDN 1 SUKAJAYA KECAMATAN CIMAHI KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Euis Efa Yuliartika_58471349__ok.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
EUIS EFA YULIARTIKA:“Penggunaan Media Tutorial Tutorial Adobe Captivate untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran sains Pokokbahasan sumer daya alam di Kelas IV SDN Sukajaya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Berdasarkan observasi dan wawancara hari kamis 2 Februari 2012 bersama Ibu Siti Kamilah selaku wali kelas IV SDN Sukajaya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan peneliti melihat proses pembelajaran dan melakukan wawancara dengan kolabolator sehingga menemukan masalah dalam hasil belajar siswa yang rendah, dan ketika diadakan tes hanya 40% siswa dari 43 siswa yang berhasil mendapatkan nilai 65. Sedangkankriteriaketuntasan minimal (KKM) Pelajaransainsadalah 65, aktivitas belajar siswa yang kurang kondusif’’’.Setelah itu peneliti juga berpendapat‘’permasalahan yang ada dikarenakan pembelajaran yang kurang kondusif, monoton dan pembelajaran menggunakan metode konvensional’’.Kondisi seperti ini akan berakibat buruk terhadap prestasi belajar siswa, pada akhirnya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM yang ditetapkan oleh sekolah tidak tercapai, untuk itu penulis mencoba menggunakan media Pembelajaran Tutorial Adobe Captivate dapat menambah, memodifikasi keterangan teks, memberi audio (voice-overs, background music, dan sound effects), video, animasi flash, animasi text, gambar. Kelebihan dari Tutorial Adobe Captivate yaitu: 1.Proses pembelajaran jadi lebih terarah 2. Siswa memiliki waktu dan kesempatan lebih banyak dalam memperoleh pembelajaran 3.Tugas guru dalam mengajar lebih ringan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran Tutorial Adobe Captivate, mengetahui hasil belajar siswa, serta mengetahui peningkatan yang dicapai pada setiap siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di sdn Sukajaya Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 43 siswa. Peneliti bertindak sebagai peneliti. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, kuesioner, dokumentasi. Untuk data kuantitatif menggunakan tes guna untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dalam belajar. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan 2 siklus di mana setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk aktifitas belajar siswa dengan hasil observasi yaitu prosentase pada tes awal 48% mendapat kategori ‘kurang’, siklus I prosentase 57% mendapat kategori ‘cukup’, dan pada siklus II prosentase 83% mendapat kategori ‘ baik’. Sedangkan untuk hasil belajar siswa menunjukan adanyapeningkatan rata-rata hasil belajar siswa mengalami kenaikan yang signifikan. Secara jelasnya dapat dilihat dari data hasil observasi yaitu pada tes awal dengan rata-rata 58 pada siklus I dengan rata-rata 73, pada siklus IIdengan rata-rata 87.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:20 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1333 |
Actions (login required)
View Item |