Euis Sulastri, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PADA POKOK BAHASAN CAHAYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI KELAS V SDN NEGLA 3 KECAMATAN LOSARI KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EUIS SULASTRI_07480012___ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Euis Sulastri : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Pokok Bahasan Cahaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Di Kelas V SDN Negla 3 Kecamatan Losari Kabupaten Brebes Latar belakang penelitian hasil pengamatan di kelas V SDN Negla 3 Kec. Losari Kab. Brebes pada mata pelajaran IPA materi cahaya guru masih menerapkan metode ceramah, sehingga siswa di kelas meras jenuh dan hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dibawah KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. Setelah peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran IPA aktivitas siswa di kelas dan hasil pembelajaran meningkat di atas KKM 65. Tujuan penelitian ini, untuk memperoleh hasil tentang penerapan penggunaan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran IPA materi cahaya, meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Negla 3 Kec. Losari Kab. Brebes, untuk memperoleh hasil data peningkatan aktivitas pembelajaran siswa, untuk memperoleh data hasil peningkatan belajar siswa kelas V SDN Negla 3 Kec. Losari Kab. Brebes. Kerangka pemikiran pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif utamanya beranjak dari adanya perbedaan berkaitan dengan berbagai karakteristik siswa, karena siswa memiliki berbagai karakteristik kepribadian, kebiasaan-kebiasaan, modalitas belajar yang bervariasi antara individu satu dengan yang lain, maka model pembelajaran guru juga harus selayaknya tidak terpaku hanya pada model pembelajaran tertentu, akan tetapi guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang bervariasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara di kelas V SDN Negla 3 kec. Losari Kab. Brebes. Jumlah siswa kelas V SDN Negla 3 Kec. Losari Kab. Brebes 20 siswa, 11 laki-laki 9 siswa perempuan. KKM yang ditetapkan oleh sekolah untuk mata pelajaran IPA yaitu 65. Metode pendekatan yang digunakan pada penelitian adalah metode kualitatif. Hasil penelitian dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II mengalami tahap peningkatan setiap siklusnya. Dibuktikan tiap siklus menaik, rata-rata pra siklus 43,75, siklus I 62,45 Siklus II 77,75. Dengan diterapkanya model pembelajaran Kooperatif siswa mengalami peningkatan hasil belajar, siswa mulai berani dalam menyampaikan ide kreatif mereka di kelas, siswa mulai terbiasa dalam memecahkan permasalahan secara kelompok.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:23 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:52 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1334 |
Actions (login required)
View Item |