EVI SAFITRI, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI JENIS DAN BESAR SUDUT MELALUI MODEL PAIKEM DI KELAS III SD NEGERI 1 GUNUNGKARUNG KECAMATAN LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EVI SAFITRI_58471299__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
EVI SAFITRI (58471299), Upaya Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Jenis dan Besar Sudut Melalui Model PAIKEM Di Kelas III SD Negeri 1 Gunungkarung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan Matematika merupakan bidang studi yang dipelajari oleh siswa dari SD hingga SMA bahkan juga di perguruan tinggi. Ada banyak alasan tentang perlunya siswa belajar matematika, diantaranya yaitu matematika dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari, sarana untuk mengembangkan kreativitas serta sebagai sarana berpikir yang jelas dan logis. Salah satu materi penting dalam pelajaran matematika adalah menentukan jenis dan besar sudut. Di kelas III SD Negeri 1 Gunungkarung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan proses pembelajaran matematika materi Jenis dan Besar Sudut belum optimal dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh kenyataan siswa yang belum memahami cara menentukan jenis dan besar sudut secara tepat, disamping itu juga guru belum mempunyai kreativitas dalam menyampaikan sebuah materi dengan baik. Tujuan dilaksanakannnya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Pembelajaran difokuskan pada materi Jenis dan Besar Sudut di kelas III SD Negeri 1 Gunungkarung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan. Agar proses pembelajaran matematika materi Jenis dan Besar Sudut dapat berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menciptakan suatu pembelajaran yang menarik serta dapat meningkatkan motivasi siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran PAIKEM. Model PAIKEM merupakan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan dimana dalam model pembelajaran ini dapat memberikan rasa nyaman dan betah kepada siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru. Dengan menggunakan model PAIKEM dalam materi Jenis dan Besar Sudut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Gunungkarung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa kelas III (tiga). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus didesain dalam setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. nilai KKM yang ditentukan dalam mata pelajaran matematika materi jenis dan besar sudut adalah 65. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan mengamati tingkat keberhasilan dalam kemampuan memahami jenis dan besar sudut, yakni: pretest mendapat nialai rata-rata sebesar 57,91, siklus I mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 61,66, sedangkan dalam siklus II mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 84,7. Dengan adanya peningkatan hasil belajar tersebut maka penelitian dapat dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:25 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 03:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1335 |
Actions (login required)
View Item |