EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN GEOMETRI TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI KELAS V MIS I’ANATUL MUBTADIIN DAMARGUNA KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON

Fitri Maelih, (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN GEOMETRI TERHADAP PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DI KELAS V MIS I’ANATUL MUBTADIIN DAMARGUNA KECAMATAN CILEDUG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FITRI MAELIH_58471350__ok.pdf

Download (61MB) | Preview

Abstract

Fitri Maelih, NIM. 58471350. “Efektivitas Penggunaan Media Papan Geometri Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar di Kelas V MIS I’anatul Mubtadiin Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran adalah dengan strategi belajar mengajar yang diberikan guru, diantaranya dengan menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaiakan. Media pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam proses belajar daintaranya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah dengan penggunaan media papan geometri. Media pembelajaran papan geometri ini bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa, dan siswa secara penuh terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika pokok bahasan bangun datar, peneliti menerapkan penggunaan media papan geometri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan media pembelajaran papan geometri dan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika pada pokok bahasan bangun datar di MIS I’anatul Mubtadiin Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di MIS I’anatul Mubtadiin Damarguna Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Peneliti bertindak sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Untuk analisis data kualitatif digunakan lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi digunakan untuk mengetahui respon siswa, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan tes, guna mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdapat 3 siklus dengan materi pokok bahasan yang sama, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa yang cukup tinggi. Adapun secara jelasnya dapat dilihat dari data hasil observasi pada tahap pre test aktivitas siswa mencapai 20%, kemudian pada siklus I sebesar 40%, siklus II mencapai 80% dan pada siklus III aktivitas siswa sudah mencapai 100%. Hasil belajar siswa dalam materi bangun datar dengan menggunakan media papan geometri menunjukkan adanya peningkatan hal ini terbukti dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pembelajaran pada siklus I rata-ratanya adalah 57,42%, siklus II adalah 63,55% dan siklus III adalah 67,42%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:34
Last Modified: 06 Jun 2017 04:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item