Hery Hardiyanto, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI SIFAT–SIFAT TERPUJI DI KELAS III SDN 1 PALIMANAN BARAT KECAMATAN GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
HERY HARDIYANTO_58471300__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hery Hardiyanto. NIM 58471300. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran PAI Materi Sifat – Sifat Terpuji Di Kelas III SDN 1 Palimanan Barat Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon”. Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang terjadi saat ini masih kurang menekankan pada proses pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Dampak yang dapat dirasakan dari proses pembelajaran tersebut adalah siswa lebih mementingkan hasil belajar daripada proses pembelajaran. Beranjak dari kondisi yang telah diuraikan, terdapat suatu masalah tentang bagaimana penerapan proses pembelajaran yang cocok untuk dikembangkan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti menggunakan strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dianggap cocok untuk mengatasi permasalahan di atas. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang penggunaan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) meteri sifat – sifat terpuji di kelas III SD Negeri 1 Palimanan Barat Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional serta membantu guru dalam siswa akan lebih fokus mendalami materi yang diajarkan, mampu mengemukakan pendapat dan mampu bekerja sama dengan kelompoknya. Diharapkan peneliti dapat memberikan informasi mengenai model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) guna meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan sumbangan pikiran sebagai bahan rujukan untuk pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam selanjutnya. Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif suatu pendekatan pembelajaran guna meningkatkan proses dan produk pembelajaran di kelas. PTK mempunyai empat komponen pokok yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Palimanan Barat Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan model Numbered Head Together (NHT) dikategorikan baik. Dapat dilihat dari hasil observasi (pengamatan) selama pembelajaran dari siklus I sampai siklus III semakin meningkat. siklus I dengan rata-rata 49,9. Pada siklus II dengan rata-rata 82. siklus III rata-rata mencapai 94,9. Begitu juga dengan ketuntasan belajar pada siklus 1 mencapai 43,3%, ketuntasan belajar siklus II mencapai 53,3%, dan ketuntasan belajar siklus III mencapai 83,3%. Dari siklus I sampai dengan siklus III selalu mengalami peningkatan. Hal ini berarti adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Numbered Head Together (NHT) materi sifat – sifat terpuji.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:38 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 04:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1339 |
Actions (login required)
View Item |