PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QURAN HADITS KELAS IV MATERI PRAKTIK QIRA’AH AL QURAN (BACAAN IDGHAM) DI MI AL-ULWIYYAH PANGURAGAN KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON

Hidayatullah, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QURAN HADITS KELAS IV MATERI PRAKTIK QIRA’AH AL QURAN (BACAAN IDGHAM) DI MI AL-ULWIYYAH PANGURAGAN KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
HIDAYATULLAH_58471354__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hidayatullah. NIM 5847135. ”PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF,INOVATIF,KREATIF,EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL QURAN HADITS KELAS IV MATERI PRAKTIK QIRAAH AL QURAN (BACAAN IDGHAM) DI MI ALULWIYYAH PANGURAGAN KECAMATAN PANGURAGAN KABUPATEN CIREBON.” Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah: Pertama Untuk mengetahui Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran Al Quran Hadits materi Praktik Qiraah Al Quran (Bacaan Idgham) dengan menggunakan Model PAIKEM di Kelas IV MI Al-Ulwiyyah Panguragan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. , Kedua untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Al quran Hadits.materi Praktik Qiraah Al Quran (Bacaan Idgham) dengan menggunakan Model PAIKEM di Kelas IV MI Al-Ulwiyyah Panguragan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. PAIKEM adalah Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan.Dalam hal ini model PAIKEM dapat diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa, Masalah yang dihadapi siswa kelas IV MI Al-Ulwiyyah Panguragan dalam pembelajaran Al Quran Hadits dimana dalam proses belajar, siswanya terlihat kurang begitu semangat dalam mengikuti Mata Pelajaran Al Quran Hadits sehingga mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa tersebut. Dari sanalah timbul pertanyaan akan sejauh manakah Penerapan Pembelajaran Model PAIKEM pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan hasil tes belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu data kualitatif atau hasil observasi selama KBM berlangsung dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistik dan data dari hasil tes belajar siswa.Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV MI Al-Ulwiyyah Panguragan yang berjumlah 22 siswa dengan masa penelitian 2 bulan terhitung mulai 11 April – 11 Juni 2012. Hasil penelitian menunjukan Motivasi Belajar siswa pada siklus I diperoleh 47,5%,siklus II 65%,dan siklus III 80% .Dan nilai rata-rata dari Hasil Belajar siswa pada siklus I 58,03%,pada siklus II 63,71,dan pada siklus III 76,00%.Dari hasil yang diperoleh,penelitian menggunakan model PAIKEM(Pembelajaran Aktif,Inovatif,Kreatif,Efektif dan Menyenangkan pada siswa Kelas IV MI Al-Ulwiyyah Panguragan dapat meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar mata pelajaran Al Quran Hadits materi Qiraah Quran (bacaan Idgham). Pada kesimpulannya penelitian di lakukan melalui 3 siklus pada motivasi belajar siswa dan hasi belajar siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model PAIKEM. di Kelas IV MI Al-Ulwiyyah Panguragan Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon. Click to buy NOW! PDF-XChange www.tracker-software.com Click to buy NOW! PDF-XChange www.tracker-software.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:42
Last Modified: 07 Jun 2017 04:14
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item