FAKTOR-FAKTOR YANG MEPENGARUHI PENDAPATAN USAHA MINIMARKET DI KABUPATEN CIREBON

Rodhiyah, (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEPENGARUHI PENDAPATAN USAHA MINIMARKET DI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008205018_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008205018_2_bab1.pdf

Download (398kB)
[img] Text
2008205018_6_bab5.pdf

Download (255kB)
[img] Text
2008205018_7_dafpus.pdf

Download (338kB)

Abstract

Fenomena pendapatan usaha minimarket di indonesia bertumbuh sangat pesat dan menjamur di berbagai daerah. Menurut data euromonitor international (2021), jumlah minimarket di Indonesia berkembang dari 26.102 gerai pada 2015 menjadi 36.146 gerai pada 2020. Pada tahun 2021, jumlahnya diperkirakan mencapai 38.323 gerai. Nilai penjualan ritel minimarket meningkat 39% dari US$ 7,4 miliar menjadi US$ 12,5 miliar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara tingkat kompetensi, jam kerja dan penggunaan sistem informasi akuntansi terhadap pendapatan usaha mini market di cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 393 minimarket dan 80 sampel menggunakan rumus taro yamane. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling yakni dengan mengambil minimarket terbanyak yang berada di Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Tingkat kompetensi berpengaruh terhadap pendapatan usaha minimarket di Kabupaten Cirebon yang ditunjukkan ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 Lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. 2) Jam kerja tidak berpengaruh terhadap pendapatan usaha minimarket di Kabupaten Cirebon yang ditunjukkan dengan nilai signfikansi sebesar 0,162 lebih besar dari 0,05 atau 0,162 > 0,05. 3) Penggunaan sistem informasi akuntansi berpengaruh terhadap pendapatan usaha minimarket di Kabupaten Cirebon yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 atau 0,001 < 0,05. 4) Tingkat kompetensi, jam kerja dan penggunaan sistem informasi akuntansi secara bersama-sama berpengaruh terhadap pendapatan usaha minimarket di Kabupaten Cirebon yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Kompetensi, Informasi Akuntansi, Pendapatan dan Minimarket

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:18
Last Modified: 25 Jun 2024 04:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13401

Actions (login required)

View Item View Item