Analisis Derajat Kepatuhan Terhadap Fatwa DSN-MUI Tentang Praktek Pembiayaan Murabahah Pembelian Stok Barang di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Tegal.

Makhalul Ilmi, (2024) Analisis Derajat Kepatuhan Terhadap Fatwa DSN-MUI Tentang Praktek Pembiayaan Murabahah Pembelian Stok Barang di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Tegal. Masters thesis, S2-Ekonomi Syariah.

[img] Text
1. COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (371kB)

Abstract

Praktek pembiayaan Murabahah menarik diteliti, hingga banyak Mahasiswa peserta program studi Magister Ekonomi Islam yang mengangkat tema tersebut sebagai bahan kajian penelitiannya. Penelitian ini mengangkat tema tentang Derajat Kepatuhan Terhadap Fatwa DSN-MUI Tentang Praktek Pembiayaan Murabahah Pembelian Stok Barang di Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Tegal. Tema ini diangkat karena dari penelitian-penelitian yang sudah pernah dilakukan sebelumnya belum ada Tesis yang spesifik mengkaji masalah pembelian stok barang yang itemnya banyak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kwalitatif. Peneliti menggali informasi dengan cara melakukan penelusuran terhadap literatur dan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema kajian, serta melakukan wawancara dengan pejabat terkait seperti Branch Manager, Account Manager serta lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa derajat kepatuhan terhadap Fatwa DSN-MUI tentang praktek pembiayaan murabahah pembelian stok barang yang terjadi di Bank Muamalat Kantor Cabang Tegal untuk sebagian nasabah sudah cukup patuh, dan untuk sebagian lainnya masih kurang patuh dalam hal: pertama, dalam hal pembelian barang oleh nasabah yang itemnya tidak semuanya sesuai dengan daftar rincian barang yang telah dibuat sendiri oleh nasabah pada saat pengajuan pembiayaan. Kedua dalam hal pelaksanaan pembelian barang yang dikuasakan kepada nasabah, namun penandatanganan akad pembiayaan dilakukan sebelum barang secara prinsip menjadi milik bank. Implikasi dari temuan ini perlu dijadikan salah satu acuan bagi pengelola Bank Muamalat Cabang Tegal pada khususnya, dan pengelola perbankan syariah pada umumnya, agar lebih hati-hati dalam menyalurkan fasilitas pembiayaan dengan skema murabahah untuk pembelian stok barang. Hal ini penting karena akan berdampak terhadap kebasahan akad yang ditandatangani oleh para pihak. Keyword:Derajat Kepatuhan, Murabahah, Stok Barang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 25 Jun 2024 04:41
Last Modified: 26 Jun 2024 01:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13409

Actions (login required)

View Item View Item