PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN PERAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) PADA INSPEKTORAT KABUPATEN CIREBON

DWI PARAS RAMADHAN, (2024) PENGARUH PENGENDALIAN INTERNAL DAN PERAN AUDITOR INTERNAL TERHADAP PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) PADA INSPEKTORAT KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Akutansi Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008205083_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008205083_2_bab1.pdf

Download (736kB)
[img] Text
2008205083_6_bab5.pdf

Download (510kB)
[img] Text
2008205083_7_dafpus.pdf

Download (837kB)

Abstract

Di Indonesia, kecurangan masih menjadi permasalahan dalam lingkungan pemerintahan. Fraud atau biasa dikenal dengan aktivitas curang dilakukan dalam berbagai bentuk dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengendalian Internal dan Peran Auditor Internal terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) pada Inspektorat Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif yaitu meneliti hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilakukan di Kantor Inspektorat Kabupaten Cirebon. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sensus atau Sampling Total dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua yang berjumlah 44 orang responden Auditor Inspektorat Kabupaten Cirebon. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji determinasi (Adjusted R Square). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan kecurangan (fraud) pada Inspektorat Kabupaten Cirebon. Sedangkan peran auditor internal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pencegahan kecurangan (fraud) pada Inspektorat Kabupaten Cirebon. Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa Pengendalian Internal dan Peran Auditor Internal secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Pencegahan Kecurangan (Fraud) didapatkan nilai Adjusted R2 (koefisien determinasi) sebesar 0,215 yang artinya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 21,5%. Sedangkan sisanya 78,5% akan dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengendalian Internal, Peran Auditor Internal, Pencegahan Kecurangan (Fraud).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:06
Last Modified: 25 Jun 2024 07:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item