IKHWAN KURNIAWAN, (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 1 PASURUAN KECAMATAN PABEDILAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
IKHWAN KURNIAWAN_58471303__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
IKHWAN KURNIAWAN. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa di Kelas IV SD Negeri 1 Pasuruan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang terjadi saat ini masih kurang menekankan pada proses pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Proses pembelajaran yang terjadi tidak bersifat membangun pemahaman siswa akan tetapi transfer ilmu yang dilakukan oleh guru kepada siswa dengan melalui metode yang konvensional seperti ceramah, mencatat materi pelajaran, membaca buku paket, dan mengerjakan soal latihan. Proses pembelajaran yang demikian merupakan pemandulan kemampuan siswa karena proses yang terjadi tidak menyentuh aspek apektif, kognitif, dan psikomotorik siswa. Dampak yang dapat dirasakan dari proses pembelajaran konvensional tersebut adalah siswa lebih mementingkan hasil belajar daripada psoses pembelajaran. Beranjak dari kondisi yang telah diuraikan, terdapat suatu masalah tentang bagaimana penerapan proses pembelajaran yang cocok untuk dikembangkan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti menggunakan strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dianggap cocok untuk mengatasi permasalahan diatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penggunaan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) standar kompetensi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 1 Pasuruan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw adalah proses pembelajaran yang membantu guru dalam menyampaikan materi. Proses penyampaian materi yang diajarkan adalah melalui kegiatan diskusi kelompok yang saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan belajar bersama. Dalam proses Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw, siswa dituntut untuk belajar aktif, saling membantu, memberikan pendapat dalam diskusi, dan dapat mempertanggungjawabkan hasil belajar mereka sendiri baik kepada teman dalam satu kelompoknya atau kepada gurunya. Diharapkan peneliti dapat memberikan informasi mengenai model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw guna meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan sumbangan pikiran sebagai bahan rujukan untuk pengembangan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) selanjutnya. Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tidak mengabaikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peneliti berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif suatu pendekatan pembelajaran guna meningkatkan proses dan hasil belajar siswa di kelas. PTK mempunyai empat komponen pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakakn Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Pasuruan Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat dikategorikan baik. Ini dapat dilihat dari hasil observasi selama proses pembelajaran dimulai dari pra
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:52 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 04:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1344 |
Actions (login required)
View Item |