UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE- PLAYING) DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-IKHLASH CIAWILOR CIAWIGEBANG KUNINGAN

IMAS SRI HARTINI, (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE- PLAYING) DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-IKHLASH CIAWILOR CIAWIGEBANG KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IMAS SRI HARTINI_58471304__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

IMAS SRI HARTINI, Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Ikhlash Ciawilor Ciawigebang Kuningan. Salah satu pelajaran yang dapat diberikan pada siswa adalah pelajaran akidah akhlak tujuannya agar siswa dapat mengetahui adab, akhlak dan prilaku yang baik sehingga dapat diaplikasikan atau diamalkan dalam kehidupan seharihari. Begitu pula sebaliknya supaya siswa mengetahui adab, akhlak dan prilaku yang tidak sepantasnya diamalkan atau diaplikasikan dalam kehidupan seharihari. Selama ini guru kelas V atau guru mata pelajaran akidah akhlak mengajarnya bahanya dengan berupa konsep yang sudah jadi (demonstrasi, ceramah), siswa dibiasakan untuk mencatat dan menyimak materi tersebut saja sehingga siswa kurang memahami dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari- harinya.Hal itu akan mempengaruhi dan kurangnya motivasi untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari. Proses pembelajaran melalui metode bermain peran (Role Playing) adalah metode yang sangat tepat membantu guru dalam menyampaikan materi dan mengkondisikan kelas dengan membuat atau membentuk tokoh-tokoh drama yang akan di perankan pada saat pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa dapat cepat menangkap dan memahami materi yang disampaikan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang mengkaji dan mereflesikan secara kaloboratif suatu pendekatan pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas.PTK mempunyai komponen pokok yaitu tindakan, pengamatan, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Al-Ikhlash Ciawilor Ciawigebang Kuningan. Pada akhirnya hasil penelitian setiap siklusnya ada peningkatan, dan di siklus III peningkatan atau perubahannya sangat drastis menjadi 90% dengan ketentuan sebagai berikut: siklus I (60%), siklus II (70%) dan siklusIII (90%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang melalui metode bermain peran (Role playing) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V MI Al-Ikhlash Ciawilor Ciawigebang Kuningan. Penerapan metode bermain peran (Role Playing) pada siswa kelas V MI Al-Ikhlash Ciawilor Ciawigebang Kuningan cukup efektif dan efesien dari setiap siklusnya ini mengalami perubahan dan peningkatan. Penggunaan metode bermain peran (Role Peying)terbukti untuk meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata peajaran akidah akhlak dalam belajar mudah untuk dipahami serta dapat disaring dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari- hari.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 07:56
Last Modified: 06 Jun 2017 04:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item