Imro’ah, (2012) OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI COLOURS DIKELAS IV SD NEGERI 1 BENDUNGAN KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
IMRO'AH_58471305__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Imro’ah. NIM 58471305. OPTIMALISASI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOSAKATA SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI COLOURS DIKELAS IV SD NEGERI 1 BENDUNGAN KECAMATAN PANGENAN KABUPATEN CIREBON. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Bendungan yang terdapat 30 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. KKM Bahasa Inggris tersebut adalah 60 yang telah dimusyawarahkan semua guru dan disepakati oleh kepala sekolah, saat ini kenyataannya memperlihatkan bahwa menguasai kosakata dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar (SD) masih rendah, yaitu hana 10 siswa yang telah mencapai KKM dan 20 siswa yang belum mencapaik KKM, disebabkan karena kurangnya kreatifitas guru untuk menggunakan media pembelajaran, mengajar hanya menggunakan metode ceramah dan buku sumber yang belum sesuai dengan silabus. Penelitian Tindakan kelas merupakan wahana untuk melakukan perbaikan, peningkatan serta perubahan pembelajaran sebagaimana yang dikehendaki oleh peneliti, juga memberikan peningkatan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk : 1) mendapatkan data tentang penerapan media pembelajaran, 2) mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran, 3) mendapatkan data tentang hasil proses pembelajaran Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media gambar. Media ini merupakan bahasa yang umum, dapat dimengerti, dan dinikmati oleh semua orang dimana-mana. Gambar berfungsi untuk menyampaikan pesan melalui gambar yang menyangkut indera penglihatan. Pesan yang disampaikan dituangkan kedalam simbol-simbol komunikasi visual. Simbol-simbol tersebut perlu dipahami dengan benar agar proses penyampaian pesan dapat berhasil dan efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tulis dan tes lisan siswa, yaitu siklus I tes tulis siswa hanya memperoleh 58%, dan tes lisan memperoleh 58.33. Siklus II mengalami peningkatan pada tes tulis menjadi 80%, dan pada tes lisan 75.84. Aktivitas guru dan siswa pun mengalami peningkatan dari hasil observasi awal/pretest menunjukkan aktivitas guru hanya 40% dan aktivitas siswa hanya 23%, pada siklus I mengalami peningkatan aktivitas guru menjadi 100% dan aktivitas siswa menjadi 67%, siklus II mengalami peningkatan aktivitas guru 100% dan aktivitas siswa meningkat menjadi 100%, dengan adanya peningkatan aktivitas ini siswa sudah mulai aktif, antusias, dan termotivasi dan juga bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 07:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 05:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1346 |
Actions (login required)
View Item |