EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MUSTAHIK MELALUI PROGRAM KAMPUNG TERNAK DI DESA KALISAPU KABUPATEN CIREBON (Studi pada Dompet Dhuafa Kota Cirebon)

Fia Afiatin, (2024) EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN MUSTAHIK MELALUI PROGRAM KAMPUNG TERNAK DI DESA KALISAPU KABUPATEN CIREBON (Studi pada Dompet Dhuafa Kota Cirebon). Bachelor thesis, S1-Hukum Keluarga Syariah IAIN SNJ.

[img] Text
2008204012_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008204012_2_bab1.pdf

Download (444kB)
[img] Text
2008204012_6_bab5.pdf

Download (50kB)
[img] Text
2008204012_7_dafpus.pdf

Download (359kB)

Abstract

Sampai saat ini masalah kemiskinan masih terus dihadapi oleh bangsa Indonesia dan belum dapat dipecahkan. Salah satu instrumen untuk mengatasi permasalahan kemiskinan tersebut yaitu intrumen zakat. Dompet Dhuafa Kota Cirebon merupakan salah satu lembaga yang menerapkan pendayagunaan zakat, baik secara konsumtif maupun secara produktif. Salah pendayagunaan zakat produktif melalui program pemberdayaan ekonomi yaitu program Kampung Ternak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi rumusan masalah yaitu bagaimana sistem, efektivitas dan pengaruh pendayagunaan zakat produktif pada program Kampung Ternak dalam peningkatan perekonomian mustahik di Desa Kalisapu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research), Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Sistem pendayagunaan zakat produktif pada program Kampung Ternak oleh Dompet Dhuafa Kota Cirebon dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu perencanaan program, pelaksanaan program, monitoring, dan pelaporan. 2.Pendayagunaan zakat produktif pada program Kampung Ternak oleh Dompet Dhuafa Kota Cirebon belum efektif dalam peningkatan perekonomian mustahik di Desa Kalisapu, karena dari empat indikator efektivitas yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Hanya ada satu indikator yang sudah dijalankan sepenuhnya yaitu indikator ketepatan sasaran program.3.Pengaruh pendayagunaan zakat produktif melalui program Kampung Ternak oleh Dompet Dhuafa Kota Cirebon belum efektif dalam peningkatan perekonomian mustahik di Desa Kalisapu, karena belum dapat mengubah mustahik menjadi muzakki. Kata Kunci: Efektivitas, Pendayagunaan, Peningkatan Perekonomian, Mustahik

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syahsyiyyah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 26 Jun 2024 01:54
Last Modified: 26 Jun 2024 01:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13463

Actions (login required)

View Item View Item