Kusmana, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 2 GUNUNGKARUNG KECAMATAN LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
KUSMANA_58471361__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kusmana. NIM 58471361, “UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU BILANGAN BULAT DI KELAS IV SDN 2 GUNUNGKARUNG KECAMATAN LURAGUNG KABUPATEN KUNINGAN”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Manusia menjalani hidup selalu berhubungan dengan kegiatan ekonomi. Sementara ilmu ekonomi itu sangat berkaitan dengan menghitung rugi dan laba. Perhitungan merupakan bagian dari matematika. Ilmu matematika diterapkan dalam segala aspek kehidupan. Matematika merupakan pelajaran yang sangat penting. Oleh karena itu matematika harus diajarkan sejak dini yakni usia SD. Salah satu materi penting dalam pelajaran matematika adalah penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Di kelas IV SD Negeri 2 Gunungkarung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan proses pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat belum optimal dilaksanakan karena dilatarbelakangi oleh kenyataan siswa yang belum memahami penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat terutama jika angkanya bilangan bulat negatif. Disamping itu juga guru belum mempunyai kreatifitas dalam menyampaikan sebuah materi dengan baik. Tujuan dilaksanakannnya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Pembelajaran di fokuskan pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SD Negeri 2 Gunungkarung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan. Minat siswa merupakan tanda keberhasilan suatu pembelajaran. Untuk membangkitkan minat siswa, proses pembelajaran menggunakan alat peraga kartu bilangan bulat. Alat peraga mendorong siswa menemukan dasar perhitungan. Selain itu alat peraga kartu bilangan bulat membuat siswa tidak jenuh karena siswa di hadapkan dengan praktek langsung dalam hal ini siswa menjadi lebih aktif. Proses pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SD Negeri 2 Gunungkarung Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan dengan subjek penelitian berjumlah 18 siswa kelas IV (empat). Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus didesain dalam setiap siklusnya terdapat perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Nilai KKM yang ditentukan dalam mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah 66. Hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat keberhasilan dalam kemampuan memahami penjumlahan dan pengurangan yakni : siklus I mendapat nilai rata-rata kelas sebesar 35,16%, dalam siklus II mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 81,33% namun sebatas pada penjumlahan, sedangkan siklus III mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 94,4% untuk seluruh materi penjumlahan dan pengurangan. Dengan adanya peningkatan hasil belajar tersebut maka penelitian dapat dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 08:19 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1353 |
Actions (login required)
View Item |