Lhusti Risil Vianty, (2012) PENGGUNAAN MEDIA TAJWID DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Muta’alimin Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
LHUSTI RISIL VIANTY_58471310__ok.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Lhusti Risil Vianty. NIM 58471310. “PENGGUNAAN MEDIA TAJWID DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Hidayatul Muta’alimin Sindangjawa Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Mei 2012. Biasanya pembelajaran al-qur’an hadits di MI tersebut masih menyampaikan materi secara sederhana. Dengan menggunakan metode ceramah dimana siswa hanya mendengarkan guru menjelaskan materi tanpa ikut serta dalam proses pembelajarannya. Sedangkan kurikulum yang sekarang menganjurkan siswa ikut serta aktif dalam setiap pembelajaran, dan guru dituntut menyediakan media pembelajaran yang efektif dan yang dapat menarik minat belajar siswa. Pembelajaran al-qur’an hadits materi membaca surat-surat pendek biasanya mempelajari hukum tajwidnya hanya dengan metode ceramah. Hal ini yang membuat siswa kurang tertarik untuk memperhatikan guru yang menjelaskan. Akhirnya siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran yang biasa-biasa saja, untuk itu dalam penelitian ini digunakan media yang akan membuat siswa tertarik untuk mempelajari hukum tajwid. Sehingga dapat membaca al-qur’an dengan baik. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penerapan model pembelajaran menggunakan media Tajwid Digital yang dilakukan guru alqur’an hadits untuk mengukur keberhasilan proses belajar pada siswa. Dan untuk mengetahui kemampuan membaca al-qur’an pada siswa kelas V MI/SD. Khususnya pada materi membaca surat-surat pendek ( Surat Al-Qadr) Dengan penerapan model pembelajaran menggunakan media tajwid digital. Sumber data berupa buku yang terkait dengan media pembelajaran, proses belajar dan pembelajaran, tajwid digital, dan buku pembelajaran al-qur’an hadits di kelas V. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes lisan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) penerapan media tajwid digital pada siswa kelas V sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, sehingga hasil yang diperoleh dalam kemampuan membaca al-qur’an pun meningkat. 2) dari setiap siklus yang dilakukan mengalami peningkatan hasil yang cukup memuaskan siklus I diperoleh rata-rata 80,27%, siklus II 83,61%, dan siklus III 84,72%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 08:25 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1355 |
Actions (login required)
View Item |