AKMAL ARIF AMANULLAH, (2024) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN MELALUI BSI MOBILE PADA BANK SYARIAH INDONESIA KCP CILEDUG CIREBON. Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah.
Text
2008203010_1_cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2008203010_2_bab1.pdf Download (436kB) |
|
Text
2008203010_6_bab5.pdf Download (181kB) |
|
Text
2008203010_7_dafpus.pdf Download (277kB) |
Abstract
Memasuki era digital, berbagai kegiatan sekarang beralih mengikuti perkembangan digitalisasi. Perkembangan teknologi informasi menimbulkan evolusi yang mengarah kepada Layanan Perbankan Digital. Ini memungkinkan nasabah untuk mengakses rekening, melakukan transaksi, serta mengelola keuangan mereka secara efisien aman dan terhindar dari cybercrime melalui aplikasi BSI mobile. Layanan digital yang cepat dan efisien harus segera ditingkatkan karena semakin ketatnya persaingan dalam memberikan kualitas layanan digital banking kemudian melakukan inovasi produk layanan digital agar memenuhi semua kebutuhan nasabah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui BSI Mobile Kemudian untuk menganalisis strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan melalui BSI Mobile pada BSI KCP Ciledug Cirebon yangakan dianalisis menggunakan metode SWOT. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam melakukan pengumpulan data peneliti menggunakan sumber data primer, data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, serta menggunakan data sekunder berupa studi kepustakaan dan dokumentasi lainnya. kemudian setelah data terkumpul dilakukan analisis data secara menyeluruh hingga memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam meningkatkan kualitas layanan melalui BSI Mobile pada BSI KCP Ciledug Cirebon, (1) faktor pendukung seperti Brand Recognition tidak mengandung unsur riba, memiliki fitur yang lengkap, inovatif, dan menarik serta adanya peluang dalam pertumbuhan pasar perbankan digital. (2) faktor penghambat seperti harus memiliki koneksi internet dalam pengoperasiannya, rentan terjadi cybercrime, kemudian Persaingan di pasar aplikasi mobile banking di Indonesia yang ketat. (3) Strategi yang dilakukan berdasarkan analisis SWOT analisis IFAS dan Efas dan pada perhitungan membuktikan bahwa stategi yang di terapkan memaksimalkan pada Strength dan Opportunity, yaitu Memanfaatkan reputasi dan pengakuan merek dari bank tersebut, kemudian Pemanfaatan fitur-fitur unggulan dan inovatif, dan Meningkatkan kualitas SDM, tetap memaksimalkan kelebihan yang ada dan tetap memberikan solusi terhadap kelemahan dan ancaman yang ada. Kata kunci : Strategi, Kualitas layanan, BSI Mobile
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 03:19 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 03:20 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13552 |
Actions (login required)
View Item |