LIANA, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA ASYARITU QISHAH (STRIP STORY) PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI KELUARGA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) NU Al-Qur’aniyah Dukuhjati Krangkeng Indramayu). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
LIANA_58471311__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
LIANA: ”Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Asyaritu Qishah (Strip Story) Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Materi Keluarga (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah (MI) NU Al-Qur’aniyah Dukuh Jati Krangkeng Indramayu)”. Masalah yang dihadapi kelas IV adalah mereka merasa bosan dan malas belajar bahasa Arab, salah satunya yaitu dalam membaca huruf Arab. Mereka kurang memahami materi yang disampaikan karena proses belajar mengajar yang monoton. Oleh karena itu peneliti tergerak untuk meneliti apa penyebab kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian terdiri dari tiga bagian yaitu, pertama untuk mengetahui penerapan media Asyaritu Qishah (Strip Story) pada pembelajaran bahasa Arab materi keluarga di kelas IV MI Al-Qur’aniyah Dukuh Jati Kec. Mundu Kab. Cirebon. Kedua, meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa dalam penerapan media Strip Story pada mata pelajaran Bahasa Arab materi keluarga di kelas IV di MI NU Al-Qur’aniyah Dukuh Jati Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu. Dan ketiga meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada penerapan media Asyaritu Qishah (Strip Story) pada mata pelajaran Bahasa Arab materi keluarga di kelas IV di MI NU Al-Qur’aniyah Dukuh Jati Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu. Bahasa Arab merupakan salah satu bidang studi yang ada di Kurikulum MI. menurut Depag RI secara implisit bahwa tujuan pengajaran bahasa Arab di SD/MI agar murid dapat menguasai secara aktif pembendaharaan kata Arab fusha sebanyak 300 kata dan ungkapan dalam bentuk dan pola kalimat dasar dengan demikian murid diharapkan dapat mengadakan komunikasi sederhana dalam bahasa Arab dan dapat memahami bacaan-bacaan sederhana dalam teks itu. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV MI Al-Qur’aniyah Dukuh Jati, Krangkeng, Indramayu yang berjumlah 16 siswa dengan masa penelitian 2 bulan terhitung mulai tanggal 8 April-8 Juni 2012 dengan alokasi waktu 70 menit (2 jam pelajaran) setiap pertemuan. Penelitian 3 siklus yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Arab materi keluarga. Hasil penelitian sesuai tujuan penelitian yakni. Pertama respon penerapan media asyaritu qishah (strip story) pada pembelajaran bahasa Arab sangat baik, siswa yang merespon sangat setuju 45,32%, setuju 42,77%. Tidak setuju 23,92% dan Sangat tidak setuju hanya 2,17%. Kedua,keberhasilan dalam meningkatkan aktivitas siswa pada siklus I persentase rata-rata 55,07%,siklus II 68,75% dan siklus III mengalami peningkatan 80,07%. Ketiga, hasil belajar membaca siswa pada siklus I 54,16%, siklus II 65,62% dan siklus III mengalami peningkatan 82,29%. Terlihat jelas hasil yang didapat selalu mengalami peningkatan, jadi penelitian ini berhasil.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 23 Mar 2017 08:28 |
Last Modified: | 06 Jun 2017 06:18 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1356 |
Actions (login required)
View Item |