UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI MELALUI ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah PUI Ciawigebang Kuningan

Lilis Su’aebah, (2012) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI MELALUI ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah PUI Ciawigebang Kuningan. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
LILIS SU'AEBAH_58471312___ok.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lilis Su’aebah. NIM 58471312. “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI MELALUI ALAT PERAGA KERTAS BERPETAK (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah PUI Ciawigebang Kuningan)”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Juni 2012. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap abstrak dan imajinatif. Banyak ditemukan permasalahan bahwa guru dalam mengajar hanya menggunakan buku teks dan metode ceramah sehingga siswa mengalami kejenuhan dalam belajar matematika. Kondisi yang demikian berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun, sehingga peneliti mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan memanfaatkan alat peraga kertas berpetak pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas persegi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas persegi dengan menggunakan alat peraga kertas berpetak serta respon siswa terhadap penggunaan alat peraga kertas berpetak pada materi keliling dan luas persegi. Penggunaan kertas berpetak dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas persegi merupakan suatu alat peraga yang membantu mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan. Dengan menggunakan kertas berpetak siswa dapat mempraktekkan secara langsung menghitung keliling dan luas persegi. Alat peraga ini dapat membantu mempermudah siswa memahami konsep lebih baik sehingga akan mendorong peningkatan hasil belajar secara optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dalam proses bentuk pengkajian berdaur siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu (1)Perencanaan, (2)Tindakan, (3)Pengamatan, dan (4)Refleksi. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan kolabolator sebanyak III siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes evaluasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah PUI Ciawigebang dan sampel diambil kelas 3 A. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sample. Hasil analisis menunjukan hasil belajar mengalami peningkatan dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar siklus I sebanyak 37,5% siswa tuntas belajar, siklus II sebanyak 75% siswa tuntas belajar, dan siklus III sebesar 100% siswa tuntas belajar. Adapun nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 61,25, siklus II sebesar 70, dan siklus III sebesar 93,33. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan alat peraga kertas berpetak pada materi keliling dan luas persegi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan sebagian besar siswa memberikan respon positif ketika pembelajaran menggunakan alat peraga kertas berpetak pada pembelajaran matematika materi keliling dan luas persegi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:31
Last Modified: 06 Jun 2017 06:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item