EFEKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK HAJI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN JAMAAH HAJI PERFEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DAN UMROH (Studi Kasus di KBIHU Al-Washliyah Kabupaten Cirebon)

Jaenudin, (2024) EFEKTIVITAS BIMBINGAN MANASIK HAJI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN JAMAAH HAJI PERFEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 2019 TENTANG PENYELENGGARAAN IBADAH HAJI DAN UMROH (Studi Kasus di KBIHU Al-Washliyah Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah.

[img] Text
2008202017_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008202017_2_bab1.pdf

Download (430kB)
[img] Text
2008202017_6_bab5.pdf

Download (194kB)
[img] Text
2008202017_7_dafpus.pdf

Download (260kB)

Abstract

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al-Washliyah Kabupaten Cirebon sampai saat ini belum meraih kesempurnaan. Maka dari hal tersebut Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Al-Washliyah melakukan perbaikan dan evaluasi tujuannya adalah untuk memastikan bahwa seluruh proses berjalan lancar, efisien, dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Agar pelayanan terhadap jamaah lebih meningkatkan dalam memberikan bimbingan manasik haji terhadap pemahaman mengenai pelaksanaan ibadah haji, serta mampu, dan siap melayani dalam bidang pembinaan maupun bimbingan manasik haji kepada jamaah, dan menjadikan haji yang mabrur agar bimbingan tersebut berjalan sesuai tujuan awal dan efektif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifitasan pelaksanaan bimbingan manasik haji yang diberikan oleh KBIHU Al-Washliyah pada jamaah tahun 2023. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menghasilkan data deskriptif berupa wawancara, observasi melalui vidio dalam mengamati kegiatan bimbingan manasik serta observasi langsung lokasi tempat bimbingan manasik dan dokumen-dokumen lainnya. Hasil dari penelitian ini yang pertama pelaksaan bimbingan manasik haji yang dilakukan KBIHU Al-Washliyah Kabupaten Cirebon sudah dinilai Efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan manasik yang dilakukan oleh KBIHU Al-Washliyah pada tahun 2023 sudah efektif. Hal ini dinilai, karena efektivitas bimbingan manasik yang dilakukan sudah sesuai dengan syarat yang ditentukan yakni berhasil guna, prosedur kerja yang praktis, serta ekonomis. Dan kedua dalam hal keefektifitasan bimbingan Manasik Haji dan Umroh KBIHU AlWashliyah, dapat disimpulkan bahwa kegiatan bimbingan manasik haji berhasil sampai kepada jamaah, karena jamaah dapat merasakan kekeluargaan dan jamaah dapat mengerti dan menguasai materi yang disampaikan oleh pembimbing sehingga jaam bisa mandiri. Kata Kunci: Efektivitas, Bimbingan Manasik Haji, dan KBIHU.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:23
Last Modified: 29 Jul 2024 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item