PERAN USAHA KECIL MENENGAHPRODUK KUE SEMPRONG DI DESA CIKADU KECAMATANNUSAHERANG KABUPATEN KUNINGAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA PERSPEKTIF MAQOSHID SYARIAH (Studi Kasus di Pabrik Salsa Snack Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan)

Lia Meliawaty, (2024) PERAN USAHA KECIL MENENGAHPRODUK KUE SEMPRONG DI DESA CIKADU KECAMATANNUSAHERANG KABUPATEN KUNINGAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA PERSPEKTIF MAQOSHID SYARIAH (Studi Kasus di Pabrik Salsa Snack Desa Cikadu Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan). Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah.

[img] Text
2008202029_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008202029_2_bab1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
2008202029_6_bab5.pdf

Download (175kB)
[img] Text
2008202029_7_dafpus.pdf

Download (324kB)

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi di Indonesia adalah kemiskinan. Secara umum permasalahan ini terjadi karena sedikitnya lapangan pekerjaan. UKM adalah salah satu ekonomi produktif yang membuka lapangan pekerjaan, UKM Pabrik Salsa Snack adalah salah satu usaha ekonomi produktif yang bergerak dibidang makanan. UKM ini merupakan salah satu jenis usaha yang berskala kecil yang berperan sebagai penyedia lapangan pekerjaan, sumber penghasilan, penghasilan tambahan sehingga dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran UKM Pabrik Salsa Snack Kue Semprong dalam meningkatkan ekonomi keluarga, mengetahui peran UKM dalam meningkatkan ekonomi keluarga ditinjau dari persfektif maqoshid syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan UKM Pabrik Salsa Snack berperan bagi keluarga karyawan. Indikator peningkatan ekonomi kekuarga yaitu pekerjaan, pendapatan keluarga, kepemilikan aset rumah tangga dan kebutuhan keluarga. Dan UKM pabrik saksa Snack sudah memenuhi indikator tersebut. Selanjutnya pada dampak kemashlahatan yang ditinjau berdasarkan maslahah al-khamsah telah tercapai secara keseluruhan yaitu Hifz Ad-din (memelihara agama), Hifz Nafs (memelihara jiwa), Hifz Aql (memelihara akal), Hifz Nasl (memelihara keturunan), dan Hifz Maal (memelihara harta). Kata kunci: UKM, peningkatan perekonomian keluarga, maqoshid syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:30
Last Modified: 29 Jul 2024 06:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13677

Actions (login required)

View Item View Item