PERAN KOPERASI UNIT DESA BADAN USAHA KELOMPOK TANI PRAKTIK SIMPAN PINJAM DESA PANONGAN KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Muhammad Habib Rizqi, (2024) PERAN KOPERASI UNIT DESA BADAN USAHA KELOMPOK TANI PRAKTIK SIMPAN PINJAM DESA PANONGAN KECAMATAN SEDONG KABUPATEN CIREBON DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH. Bachelor thesis, S1-Hukum Ekonomi Syariah.

[img] Text
2008202007_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008202007_2_bab1.pdf

Download (581kB)
[img] Text
2008202007_6_bab5.pdf

Download (251kB)
[img] Text
2008202007_7_dafpus.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini mengarah pada suatu permasalahan tentang kebutuhan akan dana (modal) untuk pembiayaan usaha yang ada di kecamatan sedong, KoperasiUnit Desa (KUD Bukti) sebagai unit penyedia dana melalui simpan pinjam bagi masyarakat kecamatan sedong. Hal ini menjadi salah satu alasan peneliti tertarik untuk meneliti lebih mendalam mengenai Peran Koperasi Unit Desa dalam Pembiayaan Usaha di Kecamatan Sedong serta penerapan akad pembiayaan yang digunakan di KUD Bukti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Koperasi UnitDesa dalam Pembiayaan Usaha di Desa Sedonglor serta penerapan akad pembiayaan yang digunakan di KUD Bukti. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik pengambilan sampel dan sumber data dengan pertimbangan tertentu, dengan cara menentukanorang yang dianggap paling mengerti tentang apa yang peneliti harap kan. Adapun hasil penelitian Peran Koperasi Unit Desa (KUD Bukti) dalam pelaksanaan pembiayaan untuk masyarakat Desa Sedong adalah KUD Bukti sebagai unit penyedia dana masyarakat benar-benar merasa terbantu dalam menjalankan usaha dan memenuhi kebutuhan sekunder masyarakat, dengan adanya KUD Bukti tingkat kesejahteraan masyarakat desa semakin membaik dan bergerak positif yang tentunya memiliki pengaruh bagi pertumbuhan ekonomi. Alad yang dipergunakan dalam pembiayaan usaha di KUD Bukti dipersamakan dengan akad pembiayaan qard seperti pada sistem pembiayaan syariah peneliti memberikan saran (1) agar sistem akad pembiayaan yang digunakan pada KUD Bukti secara gradual dapat menggunakan sistem yang sesuai dengan akad syariah (2) memberikan kesempatan bagi peneliti selanjutnya untuk lebih dikembangkan lagi penelitian tentang Koperasi yang berbasis syariah. Kata Kunci: Peran Koperasi, Kud Bukti, Akad dan Hukum Ekonomi Syariah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:43
Last Modified: 29 Jul 2024 06:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item View Item