UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IVSekolahDasarSuranenggala-lor 2Kabupaten Cirebon)

NURHAYATI, (2012) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IVSekolahDasarSuranenggala-lor 2Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
NURHAYATI_58471320__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

NURHAYATI, “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa Pada Materi Benda dan Sifatnya Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle) Kelas IV SD Suranenggala-lor 2 Kabupaten Cirebon”. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang diajarkan disekolah masih memperlihatkan suatu kondisi yang memprihatinkan. Dengan kondisi yang demikian, siswa menganggap pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pelajaran yang biasa dan terkesan membosankan. Sehingga dalam proses kegiatan pembelajaran khususnya pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa terkesan biasa dan tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Berdasarkan kondisi yang telah dipaparkan diatas hendaknya guru dapat menggunakan metode atau model pembelajaran yang tepat supaya mencapai tingkat keberhasilan yang maksimal. Model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) adalah suatu model pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis yang terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi (exploration), pengenalan konsep (concept introduction), dan penerapan konsep (concept application). Melalui model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang motivasi Benda dan Sifatnya pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebelum diterapkannya model pembelajaran siklus belajar (learning cycle), untuk mengkaji tentang motivasi siswa pada materi Benda dan Sifatnya setelah diterapkannya model pembelajaran siklus belajar (learning cycle), untuk mengkaji model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) pada peningkatan motivasi terhadap pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi Benda dan Sifatnya. Penelitian dilakukan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Suranenggala-lor 2 Kabupaten Cirebon yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 20 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal latihan (tes) dalam bentuk uraian, lembar observasi dan lembar wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung hasil tes yang berbentuk uraian dan observasi kegiatan siswa. Hasil perhitungan tersebut digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) di SD Suranenggala-lor 2 Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada pra siklus siswa memperoleh nilai 52,33%. Sedangkan pada siklus I siswa mengalami peningkatan 76,33% dan pada siklus II siswa mengalami peningkatan lagi 86,33%. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV di SD Suranenggala-lor 2 Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:16
Last Modified: 06 Jun 2017 07:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item View Item