OKTORA HENDRAYATI, (2012) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SITULARANG DESA SITUMANDALA KECAMATAN RANCAH KABUPATEN CIAMIS. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
OKTORA HENDRAYATI_58471372__ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
OKTORA HENDRAYATI : Implementasi Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Sitularang Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sitularang Desa Situmandala Kecamatan Rancah pada mata pelajaran Aqidah Akhlak masih menunjukan hasil yang kurang memuaskan nilainya masih di bawah nilai rata-rata yaitu 64,55 sedangkan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70,00 dengan ketuntasan klasikal 70%, hal ini dikarenakan siswa kurang mampu mencerna materi yang disampaikan yang disebabkan oleh lemahnya guru dalam menggunakan metode pembelajaran. Oleh karena itu peneliti termotivasi untuk mencari penyebab kurang pahamnya siswa terhadap materi yang disampaikan sehingga nilai siswa kurang memuaskan. Pelajaran Aqidah Akhlak terdiri dari kompetensi hasil belajar aqidah Akhlak yang dituntut dalam kurikulum Madrasah, sehingga prestasi belajar siswa harus dicapai. Salah satu uapaya untuk mencapai itu digunakan pendekatan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengukur keefektifan pengunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sitularang. Setelah itupenelitian ini ditujukan untuk mengetahui hasil pembelajaran peserta didik kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sitularang dalam pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan berdasarkan temuan melalui 4 kegiatan, yakni prasiklus, siklus I, siklus II, siklus III. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam memperoleh data peneliti melakukan pengamatan/observasi, wawancara dengan guru Aqidah Akhlak dan tes secara lisan untuk mengukur hasil pembelajaran peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian sesuai dengan tujuan penelitian, yakni keberhasilan penggunaan pendekatan metode pembelajaran Contextual Teaching Learning dalam bidang studi Aqidah Akhlak pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Sitularang terbukti dapat meningkatkan pembelajaran pada setiap siklus, siklus I mencapai nilai rata-rata 64,55 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 68,60 dan pada siklus yang ke III nilai rata-rata siswa mencapai 72,15 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 70%. Dengan demikian perolehan nilai peserta didik secara klasikal nilai ratarata peserta didik ada di atas KKM yaitu 70,00. Kata kunci : Hasil Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching Learning
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 24 Mar 2017 02:19 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 01:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1369 |
Actions (login required)
View Item |