PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI THINGS IN THE CLASSROOM MELALUI SPELLING GAMES (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Pasindangan Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon)

Ratu Linda Nurhayati, (2012) PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI THINGS IN THE CLASSROOM MELALUI SPELLING GAMES (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Pasindangan Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RATU LINDA NURHAYATI_58471324__ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ratu Linda Nurhayati. NIM 58471324. “PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI THINGS IN THE CLASSROOM MELALUI SPELLING GAMES”. Skripsi. Cirebon : Fakultas Tarbiyah, Jurusan PGMI, Institut Agama Islam Negeri, Juli 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas IV SDN III Pasindangan pada pokok bahasan Things In The Classroom yang masih relatif rendah. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, rendahnya hasil belajar siswa tersebut disebabkan perilaku siswa yang negative, seperti membuat kegaduhan dikelas, acuh tak acuh terhadap hasil belajar Bahasa Inggris yang rendah dan kurangnya perhatian siswa jika proses pembelajaran sudah dianggap tidak menyenangkan. Pelaku yang melakukan hal– hal tersebut adalah siswa yang mempunyai kemampuan tinggi terkadang enggan untuk membantu siswa yang mempunyai kemampuan sedang dan rendah mengalami kesulitan. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu metode tertentu agar pembelajaran dapat terinovasi dan menyenangkan, dapat membuat semuasiswaaktif saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang hasil belajar dan aktifitas siswa kelas VI pada pembelajaran Bahasa Inggris materi Things In The Classroom dengan metode spelling games untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan meningkatkan aktifitas pembelajaran yang efektif di SDN Pasindangan III Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Melalui metode PTK yang didukung dengan instrument Observasi, tes hasil belajar dan Angket, sebagai upaya untuk memperbaiki permasalahan diatas, maka diterapkanlah Metode Spelling Games yang diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah pada pokok bahasan Things In The Classroom. Penelitian ini memaparkan efektifitas Metode Spelling Games dalam pembelajaran Bahssa Inggris pokok bahasan Things In The Classroom di kelas IV SDN III Pasindangan Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan sebanyak 2 siklus, diperoleh bahwa, Metode Spelling Games dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan respon yang baik terhadap pembelajaran Bahasa Inggris pada materi Things In The Classroom. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa tiap siklus, yaitu pada pra siklus memperoleh rata-rata 50,38, pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 61,15 dan pada siklus ke II memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,15. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Metode Spelling Games dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV SDN III Pasindangan pada mata pelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Things In The Classroom. Selain itu respon siswa untuk menunjukkan kesan positif terhadap penerapan Metode Spelling Games untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:27
Last Modified: 07 Jun 2017 02:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item