PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI POKOK BAHASAN BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON

RENI ALPRIATIN, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI POKOK BAHASAN BERIMAN KEPADA RASUL-RASUL ALLAH SWT DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 3 KECAMATAN KEJAKSAN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RENI ALPRIATIN_58471373__ok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

RENI ALPRIATIN, Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Pokok Bahasan Beriman Kepada Rasul-Rasul Allah SWT di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 3 Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Proses pembelajaran PAI yang terjadi saat ini guru masih memegang peranan yang dominan dalam kelas. Pembelajaran tidak bersifat membangun pemahaman siswa sendiri sehingga siswa hanya mendapatkan pengetahuan bukan pemahaman. Dalam kegiatan belajar mengajar siswa yang memiliki prestasi tinggi terlihat lebih aktif di kelas sedangkan siswa yang memiliki prestasi rendah hanya mendengarkan, pasif dan ada pula yang bercanda dengan teman sebangku dan tidak memperhatikan guru sedang menyampaikan pelajaran. Kurangnya kesadaran siswa yang berprestasi tinggi untuk saling membantu antar teman yang memiliki prestasi rendah. Beranjak dari dari kondisi yang telah diuraikan, terdapat suatu masalah tentang bagaimana penerapan proses pembelajaran yang cocok untuk dikembangkan guru dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini,peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), melatih siswa untuk bekerja sama dan membantu teman yang belum menguasai materi pembelajaran. Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) adalah pembelajaran yang membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan mengkondisikan kelas dengan dibentuknya kelompok-kelompok kecil secara heterogen. Sehingga siswa yang berprestasi tinggi dapat membantu siswa yang berprestasi rendah dalam menguasai materi pembelajaran serta dapat bertukar pikiran dengan siswa yang berprestasi sedang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha mengkaji dan merefleksi secara kolaboratif suatu pendekatan pembelajaran guna meningkatkan proses dan produk pembelajaran di kelas. PTK mempunyai empat komponen pokok yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Muhammadiyah 3 Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Hasil belajar siswa pada tiap siklus mengalami peningkatan. Siswa berprestasi rendah pada siklus I 41,7 % dan pada siklus II turun menjadi 33,3 % dan mengalami penurunan pada siklus III menjadi 16,7 %. Dari hasil yang diperoleh, penelitian dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan “Beriman kepada rasul-rasul Allah swt”. Hubungan antara upaya guru dalam penerapan model kooperatif tipe STAD terhadap pengusaan materi PAI pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon cukup signifikan karena dari data hasil perbandingan menunjukkan hasil 0,44

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:30
Last Modified: 07 Jun 2017 01:41
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item