ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA (Penelitian pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022)

Nurul Innayah, (2024) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFITABILITAS BANK SYARIAH DI INDONESIA (Penelitian pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2021-2022). Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Non Performing Financing (NPF), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), dan Financing To Deposit Ratio (FDR) secara parsial maupun simultan terhadap Profitabilitas yang diukur dengan Return On Asset (ROA) pada Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2021-2022. Populasi penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dan diperoleh 4 Bank Umum Syariah dengan periode penelitian 2021-2022. Data penelitian merupakan data kuantitatif yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan periode tahun 2021-2022 yang dipublikasikan oleh website resmi masing-masing bank. Metode data analisis penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel-variabel independen yaitu NPF, BOPO, CAR dan FDR secara simultan berpengaruh terhadap ROA dengan nilai signifikansi F dibawah 5% (0.05). Secara parsial variabelvariabel independen (NPF, BOPO, CAR dan FDR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA, karena seluruh variabel independen memiliki nilai signifikan dibawah 5% (0.05). Nilai koefisien determinasi (R2) adalah sebesar 0.977. Hal ini menunjukan bahwa 97% setiap perubahan ROA dapat dijelaskan oleh variabelNPF, BOPO, CAR dan FDR, sisanya 3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Analisis Faktor, Profitabilitas, Bank Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:09
Last Modified: 31 Jul 2024 02:17
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13720

Actions (login required)

View Item View Item