PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SDN 1 WANGUNHARJA KECAMATAN JAMBLANG KABUPATEN CIREBON

SITI MARIYAH, (2012) PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SDN 1 WANGUNHARJA KECAMATAN JAMBLANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI MARIYAH_58471329__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI MARIYAH (58471329), PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG DI KELAS V SDN 1 WANGUNHARJA KECAMATAN JAMBLANG KABUPATEN CIREBON . Hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika khususnya materi volume bangun ruang yang masih rendah belum mencapai KKM dikarenakan guru dalam mengajar hanya menggunakan media yang seadanya dan tanpa menggunakan media yang konkret dalam proses pembelajaran. Tujuan dilaksanakanya penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses belajar siswa dalam pembelajaran metematika materi volume bangun ruang kubus, meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika, meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi volume bangun ruang pada kelas 5 SD Negeri 1 Wangunharja. Agar proses pembelajaran matematika materi volume bangun ruang berlangsung dengan baik, maka guru dituntut mampu menggunakan media pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media bangun ruang. Bangun ruang adalah sejenis benda ruang beraturan yang memiliki rusuk, sisi dan titik sudut. Media bangun ruang menyerupai kotak, dengan bentuk massif, berongga, dan kerangka. Dengan menggunakan media bangun ruang pada materi volume bangun ruang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang memuaskan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Media bangun ruang yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Wangunharja dengan subjek penelitian berjumlah 24 siswa kelas V(Lima). Penelitian ini berjumlah tiga siklus didesain dalam setiap siklusnya terdapat pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dan nilai KKM yang ditentukan adalah 59. Hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga siklus dengan menggunakan tingkat persentase keberhasilan dalam kemampuan siswa dalam mengejakan tes disetiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yakni: siklus pertama siswa hanya memperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 60.00, pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 67.90 dan pada siklus ketiga mengalami penigkatan juga menjadi 76.25. Maka penelitian dikatakan berhasil mencapai nilai KKM yang ditentukan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:40
Last Modified: 07 Jun 2017 02:10
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1375

Actions (login required)

View Item View Item