PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PELAJARAN BAHASA ARAB POKOK BAHASAN HIWAR PADA SISWA KELAS IV MI AL-ISHLAH BOBOS KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

SITI RAHMAH FADILAH, (2012) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PELAJARAN BAHASA ARAB POKOK BAHASAN HIWAR PADA SISWA KELAS IV MI AL-ISHLAH BOBOS KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI RAHMAH FADILAH_58471379__ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI RAHMAH FADILAH : PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACAPELAJARAN BAHASA ARAB POKOK BAHASAN HIWAR PADA SISWA KELAS IV MI AL-ISHLAH BOBOSKECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa membaca dalam bahasa arab. Serta masih banyaknya siswa yang kurang mampu dalam mempelajari bacaan dalam bahsa arab dengan baik dan benar. Belajar bahasa arab merupakan salah satu mata pelajaran yang diutamakan di MI Al- Ishlah Bobos. Kemampuan pertama yang menjadi sasaran dalam pengajaran dalam bahasa arab adalah kemampuan membaca dengan baik dan benar. Pada dasarnya pembelajaran membaca harus dimulai sejak kanak-kanak yang dilakukan oleh keluarga. Namun ternyata masih ada beberapa banyak siswa yang kurang mampu dalam membaca bahasa arab dengan baik dan benar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar membaca siswa pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan Hiwar pada siswa kelas IV MI Al- Ishlah Bobos Kecamatan Dukupuntang Kabupaten. Landasan teori yang digunakan oleh penulis dalam meningkatkan hasil belajar membaca dalam pelajaran bahasa arab pokok bahasan hiwar meliputi hasil belajar, pembelajaan Pendidikan Agama Islam di SD, dan metode pembelajaran. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas IV MI A-l- Ishlah Bobos yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, tes dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan presentase, yaitu suatu penelitian yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa. Dilihat dari hasil tes siswa yangt terus meningkat pada siklus I nilai ratarata kelas siswa adalah 55,98 kemudian meningkat pada siklus II dengan rata – rata mencapai 63,88 dan mengalami penigkatan kembali dngan rata-rata sebesar 71,39.Dilhat dari data hasil observasi siklus I siswa mengalami peningkatan hasil membaca sebesar 31%, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 47%, dan pada siklus ke III peningkatan hasil membaca siswa mengalami peningkatan sebesar 83%. Dari hasil perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK), maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV MI Al- Ishlah Bobos. Berdasarkan kesimpulan ini, maka disarankan kepada rekan guru untuk agar menguasai dan mencoba menerapkan metode pembelajaran terbaru seperti metode Role Playing supaya suasana pembelajaran bisa bervariasi dan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 24 Mar 2017 02:47
Last Modified: 07 Jun 2017 02:18
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item