PENERAPAN ANALISIS GRAF BERARAH SEBAGAI SUATU KATEGORI DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN JADWAL MATA PELAJARAN KELAS X MIPA

TITIS TULIS, (2024) PENERAPAN ANALISIS GRAF BERARAH SEBAGAI SUATU KATEGORI DALAM PENYUSUNAN RANCANGAN JADWAL MATA PELAJARAN KELAS X MIPA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
1708105062_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1708105062_2_bab1.pdf

Download (310kB)
[img] Text
1708105062_6_bab5.pdf

Download (87kB)
[img] Text
1708105062_7_dafpus.pdf

Download (95kB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang mempelajari tentang konsep-konsep, dimana dari satu konsep dengan konsep lainnya saling berhubungan bahkan bisa saling mendasari konsep lainnya. Salah satu konsep dasar matematika yaitu teori himpunan. Dalam teori himpunan terdapat banyak teori-teori lanjutan, dalam hal ini yaitu teori graf dan teori kategori. Teori graf yaitu teori yang mempelajari tentang graf, dimana graf sendiri didefinisikan sebagai model matematis yang terdiri atas dua himpunan yaitu himpunan tidak kosong yang tiap-tiap elemennya dinamakan simpul dan himpunan pasangan dari simpul-simpul tersebut yang dinamakan sisi/garis. Sedangkan teori kategori yaitu teori yang mempelajari tentang kategori, dimana kategori sendiri didefinisikan sebagai sekumpulan objek yang dihubungkan dengan panah serta memiliki identitas dan fungsi komposisi. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode studi pustaka (literature research). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun literatur atau sumber referensi yang digunakan yaitu berasal dari buku, buku online, jurnal, baik itu jurnal nasional maupun internasional, serta skripsi terdahulu yang masih berkaitan dengan penelitian ini. Dalam teori graf, terdapat jenis graf yang dinamakan dengan graf berarah, yaitu graf yang sisi/garisnya berorientasi pada arah. Yang selanjutnya akan kita analisis apakah graf berarah merupakan suatu kategori. Dari hasil analisis dalam penelitian ini, didapatkan bahwa graf berarah merupakan suatu kategori asalkan memiliki pemetaan sumber dan target. Kemudian ada juga penerapan graf dalam jenjang pendidikan, yang dalam hal ini penulis menerapkannya dalam menyusun rancangan jadwal mata pelajaran kelas X MIPA 1 – X MIPA 7 yang diaplikasikan dengan menggunakan metode Algoritma Welch-Powell. Kita perlu menganalisis bahwa komponen penyusunan rancangan jadwal mata pelajaran memenuhi karakteristik sebagai suatu kategori. Lalu selanjutnya akan dipaparkan rincian proses penyusunan jadwal mata pelajaran kelas X MIPA dari X MIPA 1 sampai X MIPA 7. Kata kunci: teori graf, graf berarah, teori kategori, kategori.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 01:59
Last Modified: 06 Aug 2024 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item View Item