HUBUNGAN PEMAHAMAN GENDER DENGAN PERILAKU KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM KAMPUS IAIN SYEKH NURJATI CIREBON

INTAN NURUL HUDA, (2024) HUBUNGAN PEMAHAMAN GENDER DENGAN PERILAKU KEKERASAN SEKSUAL PADA PEREMPUAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM KAMPUS IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1- KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM.

[img] Text
1908302056_1_cover.pdf

Download (447kB)
[img] Text
1908302056_2_bab1.pdf

Download (93kB)
[img] Text
1908302056_6_bab5.pdf

Download (19kB)
[img] Text
1908302056_7_dafpus.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus kekerasan seksual di lingkungan kampus yang seharusnya menjadi lingkungan yang aman dan nyaman untuk mencari ilmu, akan tetapi sekarang banyak sekali terjadi kasus pelecehan seksual terutama pada Perempuan di lingkungan kampus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengetahuan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon tentang konsep dasar gender. Karena Ketika seseorang mengetahui konsep dasar gender, maka seharusnya resiko terjadinya kekerasan seksual menjadi lebih sedikit. Metode yang digunakan pada penelitian in yaitu kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa semester V Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang berjumlah 403 mahasiswa yang meliputi jurusan Bimbingan Konseling Islam, Komunikasi dan Penyiaran Islam serta Pengembangan Masyarakat Islam. Teknik Sampling pada penelitian ini yaitu Stratified Sampling serta pengambilan jumlah sampel sebanyak 162 mahasiswa atau sekitar 40% dari total populasi. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa H0 diterima, yang berarti terdapat hubungan antara fenomena pemahaman gender dengan perilaku kekerasan seksual pada Perempuan di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Hal ini dibuktikan : a) dari hasil uji korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 0,85963 pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel 0,220 untuk n = 162. Dari hasil tersebut diketahui rhitung > rtabel, maka variabel pemahaman gender (X) dengan perilaku kekerasan seksual (Y) terdapat korelasi atau hubungan. b) hasil uji normalitas nilai signifikansi p < 0.05 berarti kedua variabel dinyatakan tidak mempunyai hubungan yang linier. Tabel diatas menunjukkan bahwa hasil uji linieritas diperoleh F = 510.688 dan p = 0.20 yang menunjukkan bahwa hubungan antara pemahaman gender dengan perilaku kekerasan seksual merupakan hubungan yang linier.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BL Religion
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:03
Last Modified: 06 Aug 2024 02:04
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item