PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA

SARIFA NURHALISA, (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106035_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008106035_2_bab1.pdf

Download (439kB)
[img] Text
2008106035_6_bab5.pdf

Download (292kB)
[img] Text
2008106035_7_dafpus.pdf

Download (579kB)

Abstract

Dewasa ini perkembangan zaman berjalan semakin pesat, upaya peningkatkan kualitas sumber daya manusia merupakan sebuah keharusan supaya tidak tertinggal. Peningkatan sumber daya manusia dapat ditempuh melalui pendidikan yang dalam visi misi-nya pendidikan bercita-cita mewujudkan manusia yang bukan hanya pintar namun juga cerdas, serta terampil, produktif dan siap pakai. Pendidikan erat kaitan-nya dengan perkembangan zaman mengenai teknologi dan keterampilan abad ke-21 yang harus dikuasai oleh setiap siswa, salah satunya yang diamati pada penelitian ini yaitu kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan memecahkan masalah pada siswa yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD dengan siswa yang tidak diterapkan model tersebut pada materi sistem respirasi manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimental dengan desain penelitian Quasi eksperimental design bentuk pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal, dan angket respon yang akan di analisis melalui serangkaian uji instrument, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan SPPS Statistic 25. Adapun hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) Penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD ini dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan sangat efektif; 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan memecahkan masalah antara siswa yang diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD pada materi sistem respirasi dengan yang tidak; 3) Respon siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan E-LKPD berorientasi masalah menunjukkan kriteria kuat. Kata Kunci : Problem Based Learning, E-LKPD, Kemampuan Memecahkan Masalah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:43
Last Modified: 06 Aug 2024 03:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13945

Actions (login required)

View Item View Item