PENERAPAN CHAT-GPT DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MAN 1 CIREBON

TAUFIK MUHAMAD HAIDIR, (2024) PENERAPAN CHAT-GPT DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MAN 1 CIREBON. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106042_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008106042_2_bab1.pdf

Download (85kB)
[img] Text
2008106042_6_bab5.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2008106042_7_dafpus.pdf

Download (199kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis yang terus harus dikembangkan dan perlu ditingkatkan pada kalangan siswa, peningkatan tersebut di samping dari peningkatan teknologi yang terus berkembang pesat terutama terdapatnya kecerdasan buatan yang membuat pendidikan mengalami adaptasi dan harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Tujuan penelitian ini yaitu diantaranya untuk menganalisis aktivitas siswa pada penerapan Chat GPT dalam pembelajaran biologi dengan model pembelajaran biologi dengan model Problem Based Learning (PBL), untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis pada siswa yang menerapkan Chat GPT dengan model Problem Based Learning (PBL) dan siswa yang tidak menerapkan Chat GPT akan tetapi tetap menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dan untuk menganalisis respon siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menerapkan Chat GPT dengan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Cirebon dengan populasi kelas X sampelnya kelas X 3 dan X 4. Hasil penelitian aktivitas pertemuan pertama sebesar 74 kategori sedang kemudian pertemuan keduanya 80 kategori sedang dan pertemuan ketiganya 97 kategori tinggi. Sedangkan kelas kontrol pada pertemuan pertama dengan persentase skor 64 termasuk dalam kategori, pertemuan kedua 80 kategori sedang dan pada pertemuan ketiga 94 kategori tinggi. Perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa terlihat signifikan rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,73 termasuk dalam kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,44 termasuk dalam kategori rendah. Hasil uji beda dengan uji Mann-Whitney yang menghasilkan nilai signifikansi 0,000 oleh karena itu hipotesis h0 diterima dan h1 ditolak karena terdapat perbandingan yang signifikan antara siswa yang menggunakan Chat GPT dan siswa yang tidak menggunakan Chat GPT dalam proses pembelajaran materi bioteknologi untuk meningkatkan keterampilan berpikir siswa di MAN 1 Cirebon. Respon siswa seluruhnya yaitu 85% kuat hal ini menunjukkan bahwa respon siswa termasuk dalam kategori baik. Diharapkan penelitian berikutnya dengan penerapan yang sama maupun model dan materi yang berbeda dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : Chat GPT, Keterampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning (PBL)

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:47
Last Modified: 06 Aug 2024 03:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13949

Actions (login required)

View Item View Item