PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS STEM-R UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 SUMBER

WAWAN DARMAWAN, (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS STEM-R UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 SUMBER. Bachelor thesis, S1-Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008106072_1_cover.pdf

Download (875kB)
[img] Text
2008106072_2_bab1.pdf

Download (441kB)
[img] Text
2008106072_6_bab5.pdf

Download (196kB)
[img] Text
2008106072_7_dafpus.pdf

Download (456kB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar terintegrasi internet menjadi penting untuk memenuhi tuntutan pendidikan di era globalisasi, memungkinkan siswa mengakses informasi secara cepat dan terkini. Selain itu, integrasi berbagai cabang ilmu dalam bahan ajar dapat memperkaya pengetahuan siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis kelayakan modul elektronik berbasis STEM pada materi pelestarian lingkungan, 2) Mengenalisis kepraktisan modul elektronik berbasis STEM-R pada materi pelestarian lingkungan, dan 3) Menganalisis efektivitas modul elektronik berbasis STEM-R pada materi pelestarian lingkungan untuk meningkatkan penguasaan materi pelestarian lingkungan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subyek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, guru biologi dan peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah modul elektronik berbasis STEM-R. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Lembar validasi untuk menilai kelayakan modul, 2) Angket kepraktisan untuk mengevaluasi kepraktisan modul, dan 3) Instrumen tes untuk mengukur efektivitas modul dalam meningkatkan penguasaan konsep materi pelestarian lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian Pengembangan Modul Elektronik berbasis STEM menunjukan bahwa : 1) Modul elektronik yang dikembangkan dinyatakan layak dengan nilai Content Validity Ratio (CVR) dan Coefficient Validity Index (CVI) keseluruhan sebesar 1. 2) Modul elektronik yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis dengan persentase kepraktisan sebesar 96,17%. 3) Modul elektronik yang dikembangkan mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,64. Dengan demikian modul elektronik berbasis STEM-R dikategorikan memiliki efektivitas sedang dalam meningkatkan penguasaan materi pelestarian lingkungan di SMA Negeri 1 Sumber. Kata Kunci : Modul Elektronik, STEM-R, Pelestarian Lingkungan

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:25
Last Modified: 06 Aug 2024 04:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item