Miftah Hudin, (2024) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH INDONESIA KOTA KINABALU (SIKK) MALAYSIA. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008101051_1_cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
2008101051_2_bab1.pdf Download (421kB) |
|
Text
2008101051_6_bab5.pdf Download (259kB) |
|
Text
2008101051_7_dafpus.pdf Download (226kB) |
Abstract
Moderasi beragama merupakan kunci dalam menciptakan kerukunan maupun toleransi dalam tingkat lokal, nasional, maupun tingkat global baik dalam ranah pemerintahan, masyarakat, dan Institusi Pendidikan termasuk didalamnya adalah Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. Sekolah tersebut berdiri sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di Sabah, Malaysia. Mayoritas peserta didik disana merupakan anak dari TKI yang bekerja menjadi pegawai migran dan pabrik yang ada disana. Dengan latar belakang suku, ras, agama, dan budaya yang berbeda, adanya nilai-nilai moderasi beragama dinilai sangat tepat untuk menjadi pegangan setiap peserta didik dan warga sekolah agar memiliki sikap saling menghormati satu sama lain dan mengedepankan toleransi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk bentuk nilai moderasi beragama, implementasi nilai-nilai moderasi beragama, dan urgensi nilai-nilai moderasi beragama di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Guru PA-BP, dan Peserta Didik. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi lain mengenai kondisi fisik mau non fisik terkait penelitian. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi dokumen sesuai fokus penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk nilai-nilai moderasi beragama di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Malaysia berkaitan dengan budaya sekolah yakni pada pembelajaran, ekstrakurikuler, dan pembiasaan. Pembelajaran, ekstrakurikuler dan pembiasaan terintegrasi dengan dengan nilai�nilai moderasi beragama seperti contoh: kegiatan IMTAQ, penerapan 5S, SIKK Berta’lim, Rabu Budaya, dan yang lainnya. Kata kunci : Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Implementasi, Budaya Sekolah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 05:58 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 05:58 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13986 |
Actions (login required)
View Item |