PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATH BATTLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

HILMI ZAKI ISLAHATI, (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF MATH BATTLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105008_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105008_2_bab1.pdf

Download (177kB)
[img] Text
2008105008_6_bab5.pdf

Download (96kB)
[img] Text
2008105008_7_dafpus.pdf

Download (258kB)

Abstract

Dalam pembelajaran matematika, masih terdapat guru yang hanya mengandalkan papan tulis, buku paket, dan LKS. Hal ini mengakibatkan pembelajaran cenderung membosankan dan berlangsung satu arah, di mana siswa cenderung menjadi pasif dan kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika dalam bentuk video interaktif math battle. Video yang dikembangkan bersifat interaktif yaitu dilengkapi dengan kuis interaktif sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini, penambahan kuis interaktif menggunakan H5P. Selain itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kelayakan media, menilai respon siswa terhadap media, dan untuk mengetahui apakah media video interaktif math battle dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Pengembangan media dilakukan untuk pembelajaran matematika aritmetika sosial pada topik harga penjualan, harga pembelian, untung, dan rugi. Pengembangan media menggunakan model ADDIE dengan melibatkan siswa MTs Salafiyah Kota Cirebon sebagai subjek penelitian. Video interaktif math battle yang dihasilkan dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Hasil evaluasi oleh para ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran video interaktif math battle yang dihasilkan sangat layak, baik dari segi media maupun materi. Berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 100% berada pada kategori sangat layak. Sedangkan berdasarkan penilaian ahli media, diperoleh persentase sebesar 83% juga berada pada kategori sangat layak. Selama penerapannya, ditemukan respon positif dari siswa terhadap video interaktif math battle, dengan persentase sebesar 89% pada kategori sangat positif. Nilai N-Gain motivasi belajar matematika siswa mencapai rata-rata 0.57 berada pada kategori sedang. Adapun dalam bentuk persen, N-Gain yang diperoleh adalah 56.8% yang termasuk pada kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa video interaktif math battle dinilai efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Kata kunci: H5P, Kuis Interaktif, Math Battle, Motivasi Belajar Matematika Siswa, Video Interaktif.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 06:06
Last Modified: 06 Aug 2024 06:06
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item