KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KALIWEDI

Uswatun Khasanah, (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KALIWEDI. Bachelor thesis, S1-Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008110055_1_cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2008110055_2_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008110055_6_bab5.pdf

Download (936kB)
[img] Text
2008110055_7_dafpus.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teks Eksplanasi adalah salah satu materi kelas XI yang harus dipelajari oleh peserta didik, termasuk di dalamnya terdapat pengertian teks eksplanasi, tujuan, struktur, ciri kebahasaan dan kaidah kebahasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa ketika diterapkan perlakuan berupa penerapan model Teams Games Tournament (TGT). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen, metode ini menguji pengaruh perlakuan terhadap kondisi yang dapat dikendalikan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kaliwedi. Data dikumpulkan melalui tes berupa soal pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa dan instrumen penelitian berupa angket untuk mendapatkan hasil respons dan minat siswa terhadap model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Analisis soal menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan analisisi deskriptif dan analisis statistik parametrik dengan mengidentifikasi, menganalisis, dan mendeskripsikan hasil belajar siswa serta angket. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) lebih efektif dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran tersebut dengan nilai rata-rata 70,9 > 62,5 dengan taraf signifikansi 0,000. (2) Respons dan minat siswa akan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena diperoleh hasil sig di angka 0,000 lebih kecil dari 0,05. Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materi teks eksplanasi di kelas XI dan sebagai alternatif media pembelajaran bagi pengajar pada meteri-materi lainnya. Kata kunci: Teks eksplanasi, Teams Games Tournament (TGT), Model pembelajaran

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 06 Aug 2024 07:51
Last Modified: 06 Aug 2024 07:51
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14017

Actions (login required)

View Item View Item