IMPLEMENTASI PEWARNAAN GRAF PADA PETA INDONESIA UNTUK VISUALISASI MATERI PERBANDINGAN DI SMP NEGERI 2 SUMBER

RIZKY HARIYANI, (2024) IMPLEMENTASI PEWARNAAN GRAF PADA PETA INDONESIA UNTUK VISUALISASI MATERI PERBANDINGAN DI SMP NEGERI 2 SUMBER. Bachelor thesis, S1-Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008105039_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008105039_2_bab1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
2008105039_6_bab5.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2008105039_7_dafpus.pdf

Download (139kB)

Abstract

Indonesia memiliki 38 provinsi tetapi belum banyak tersedia peta Indonesia terbaru di buku pelajaran maupun internet. Indonesia berupaya untuk memindahkan ibu kota negara yang semula di Jakarta menjadi di pulau Kalimantan, tepatnya di Ibu Kota Negara (IKN). Pewarnaan peta lebih efektif jika dapat memberikan warna seminimum mungkin agar wilayah-wilayah yang berbatasan dapat diberikan warna yang berbeda. Pewarnaan peta yang seperti ini dapat diselesaikan dengan teori graf, yakni pewarnaan graf. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pewarnaan graf pada peta Indonesia, jumlah bilangan kromatik, dan wilayah provinsi yang paling strategis di Indonesia. Pada materi perbandingan di sekolah menengah diperlukan adanya visualisasi, utamanya pada pokok bahasan skala pada peta. Tujuan lain dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa pada materi perbandingan menggunakan visualisasi implementasi pewarnaan graf pada peta Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni mixed methods. Bagian kualitatif menggunakan desain studi pustaka (literature review) dan bagian kuantitatif menggunakan desain one-shot study case. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sumber pada tahun ajaran 2023/2024 dengan sampelnya yaitu siswa kelas VII I sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket respon siswa, dan wawancara. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus perhitungan persentase. Uji hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan. Penelitian ini menghasilkan sebuah peta dengan tata warna minimum berjumlah 4 warna dengan bilangan kromatik χ(

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 4. Tadris Matematika
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:50
Last Modified: 07 Aug 2024 02:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14042

Actions (login required)

View Item View Item