ANNISA AMALIYATUS SOFIYATI, (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN “GEMAS (GAME ENGKLEK PEMBAGIAN MODIFIKASI)” UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008107022_1_cover.pdf Download (4MB) |
|
Text
2008107022_2_bab1.pdf Download (4MB) |
|
Text
2008107022_6_bab5.pdf Download (4MB) |
|
Text
2008107022_7_dafpus.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi pembagian dan kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran matematika, hal ini disebabkan karena metode yang digunakan guru kurang variatif dan kurangnya media pembelajaran. Oleh karena itu, upaya untuk dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan membuat aktif siswa, maka peneliti mengembangkan permainan “GEMAS (Game Engklek Pembagian Modifikasi)” untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas II Sekolah Dasar. Permainan GEMAS (Game Engklek Pembagian Modifikasi) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika, karena permainan ini terdapat kotak engklek yang berwarna-warni dan penanda realistis yang berisi gambar-gambar yang menarik siswa sehingga membuat siswa aktif dalam pembelajaran dan memahami konsep pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan permainan “GEMAS (Game Engklek Pembagian Modifikasi)” untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas II Sekolah Dasar, (2) menghasilkan permainan “GEMAS (Game Engklek Pembagian Modifikasi)” untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas II Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid, (3) menghasilkan permainan “GEMAS (Game Engklek Pembagian Modifikasi)” untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas II Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria praktis, (4) menghasilkan permainan “GEMAS (Game Engklek Pembagian Modifikasi)” untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas II Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria efektif. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode RnD dengan model assure, yaitu (1) analyze learners, (2) state objectives, (3) select methods, media, and material, (4) utilize media and material, (5) require learner participation, dan (6) evaluate and revise. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, lembar pretest-posttest, dan lembar angket kepraktisan. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas II MI Al-Hidayah Guppi yang berjumlah 16 orang. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan permainan GEMAS untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas II Sekolah Dasar valid dengan nilai ahli media sebesar 99% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi sebesar 77% dengan kriteria layak Sementara itu, untuk kepraktisan permainan GEMAS diperoleh nilai kepraktisan guru sebesar 99% dan nilai kepraktisan siswa sebesar 99,4% dengan kriteria sangat praktis. Serta, pemahaman konsep siswa meningkat dari hasil rata-rata pretest 62 menjadi 85,44 dengan nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang, dan hasil uji paired t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.000 yang berarti media permainan GEMAS dapat dinyatakan efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembagian siswa kelas II Sekolah Dasar. Kata Kunci : Permainan GEMAS, pemahaman konsep pembagian, siswa sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:42 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14116 |
Actions (login required)
View Item |