ADILLA ZAHROTUNNISA, (2024) RELEVANSI SIKAP DAN MINAT MAHASISWA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU KELAS PROFESIONAL PADA JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH IAIN SYEKH NURJATI CIREBON. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.
Text
2008107031_1_cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008107031_2_bab1.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008107031_6_bab5.pdf Download (2MB) |
|
Text
2008107031_7_dafpus.pdf Download (2MB) |
Abstract
enelitian ini dilatar belakangi adanya mahasiswa jurusan PGMI IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang kurang berminat dalam menjadi guru dan juga ada yang belum mencerminkan sikap keguruan yang profesional hal ini tentu membuat mahasiswa kurang dalam mempersiapkan dirinya menjadi guru yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi antara sikap guru dan minat menjadi guru terhadap Kesiapan menjadi guru kelas profesional pada Mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan desain korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dari penelitian ini yaitu semester 1-8 yang berjumlah 435 dan teknik Sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang berjumlah 100 yaitu semester 2D,4B,6D dan 8B. Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis. Hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Terdapat sikap mahasiswa yang positif (X1) berdasarkan hasil uji t satu sampel sebesar 0,530 Berdasarkan hasil tersebut berarti bahwa mahasiswa sudah memiliki sikap keguruan yang profesional Terdapat minat mahasiswa yang positif (X2) berdasarkan hasil uji t satu sampel sebesar 6,195 berarti bahwa mahasiswa sudah memiliki minat menjadi guru.Terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap keguruan (X1) terhadap kesiapan menjadi guru kelas profesional (Y) sebesar 0,530 begitupun Berdasarkan hasil tersebut berarti bahwa mahasiswa yang mempunyai sikap keguruan yang baik dan minat menjadi guru yang tinggi maka akan semakin baik juga kesiapan menjadi guru kelas profesional Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Minat menjadi guru (X2) terhadap kesiapan menjadi guru kelas profesional (Y) sebesar 0,536 berdasarkan hasil tersebut berarti bahwa mahasiswa yang mempunyai minat yang besar untuk menjadi guru maka akan lebih siap menjadi guru kelas profesionalnya Kata Kunci: Sikap, minat, kesiapan menjadi guru profesional
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 06:45 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 06:45 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14117 |
Actions (login required)
View Item |