PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLER DIKELAS II MI ISLAMIYAH KARANG DEMPEL, BREBES

DEVI MAYLA NURFAIZA, (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN APLIKASI ASSEMBLER DIKELAS II MI ISLAMIYAH KARANG DEMPEL, BREBES. Bachelor thesis, S1- PGMI IAIN Syekh Nurjati.

[img] Text
2008107058_1_cover.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2008107058_2_bab1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2008107058_6_bab5.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2008107058_7_dafpus.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Al�Qur'an siswa, dimana hanya 30% siswa yang mampu membaca Al-Qur'an. Hal ini disebabkan kurangnya perhatian dari guru terhadap aspek strategi dan model pembelajaran, sehingga penyampaian materi pembelajaran masih terasa kaku dan monoton bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran Al-Qur'an dan Hadis berbasis Augmented Reality dengan menggunakan aplikasi Assembler di kelas II MI Islamiyah Karang Dempel, Brebes. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan utama: (1). Mendeskripsikan pengembangan media Al-Qur'an dan Hadis berbasis Augmented Reality menggunakan aplikasi Assembler di kelas 2 siswa MI Islamiyah. (2). Mendeskripsikan kelayakan media Augmented Reality menggunakan aplikasi Assembler di kelas II peserta didik MI Islamiyah. (3). Mendeskripsikan kepraktisan media Augmented Reality menggunakan aplikasi Assembler di kelas II peserta didik MI Islamiyah. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development) dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi, dan lembar angket kepraktisan. Subjek uji coba adalah siswa kelas II MI Islamiyah Karang Dempel, Brebes yang berjumlah 29 siswa. Dari hasil penilaian kelayakan media Augmented Reality oleh ahli materi mencapai nilai 93,3% dengan kriteria "sangat layak", sedangkan penilaian oleh ahli media mencapai 90% dengan kategori yang sama. Pengujian kepraktisan dilakukan melalui angket respon siswa yang memberikan nilai persentase 87,9% dengan kategori "sangat praktis". Berdasarkan hasil penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Augmented Reality menggunakan aplikasi Assembler Edu layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran Al-Qur'an Hadits untuk memahami dan melafalkan QS. Al-Qari'ah. Kata Kunci : Pengembangan, Augmented Reality, Assembler.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal > Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:11
Last Modified: 08 Aug 2024 07:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14127

Actions (login required)

View Item View Item