AHMAD YAHYA, (2013) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS LINGKARAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Ikhlash Karanganyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2012/2013). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AHMAD YAHYA_OK.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
AHMAD YAHYA : PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KONSEP KELILING DAN LUAS LINGKARAN ( Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII MTs Al- Ikhlash Karanganyar Kecamatan Panguragan Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2012/2013 ) Pembelajaran di MTs cenderung text book oriented, pembelajaran cenderung abstrak dengan metode ceramah sehingga konsep-konsep akademik kurang bervariasi dan sebagai akibatnya motivasi belajar siswa menjadi sulit ditumbuhkan dan pula belajar cenderung menghafal dan mekanistis. Adapun dalam hal ini peneliti mencoba meneliti dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik agar pembelajaran matematika lebih efektif, keaktifan dan keberhasilan siswa meningkat, sehingga siswa mencapai prestasi belajar yang maksimal. Matematika realistik adalah proses belajar matematika yang memberi keleluasaan kepada siswa mengkontruksi konsep-konsep matematika melalui konteks (kontekstual problem), yaitu sebuah masalah situasi nyata yang dikenal dan dipahami siswa. Pendekatan pembelajaran matematika realistik (Realistic Mathematic Education), adalah sebuah pendekatan pembelajaran matematika yang mengintegrasikan lingkungan menggunakan konteks multi disiplin, sebagai pendekatan yang menggunakan lingkungan baik sebagai sumber maupun sebagai faktor memotivasi dan merupakan pendekatan pembelajaran yang memberi keleluasaan kepada siswa untuk mengkonstruk konsep - konsep matematika melalui konteks atau soal - soal yang menghadirkan lingkungan yang nyata bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah : pertama untuk untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistic pada pokok bahasan konsep keliling dan luas lingkaran. Kedua untuk Meningkatkan prestasi belajar yang optimal dari pembelajaran konsep keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Ketiga untuk Dapat merubah pemikiran siswa bahwa matematika itu nyata dan mudah melalui pendekatan matmatika realistic. Sedangkan Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya pengaruh pendekatan matematika realistic terhadap prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, ada dua variabel yang pertama adalah pendekatan matemetik realistic dan yang keduanya adalah prestasi belajar siswa. Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata gain sebesar 42,33%, ini dapat diartikan bahwa prestasinya meningkat sebesar 42,33%. Nilai R skuer sebesar 55,9%, dan ini dapat diartikan bahwa pengaruh pendekatan matematika realistic sebesar 55,9%. Sedangkan respon siswa terhadap matematika realistic terbilang baik dilihat dari rata-rata skor angket sebesar 75,96. Berdasarkan hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan matematika realistik dengan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswapun meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 02:26 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 04:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1417 |
Actions (login required)
View Item |