Ahmad Zaeni, (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SMP (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Cirebon ). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AHMAD ZAENI_OK.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Ahmad Zaeni. NIM 59451108. Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Smp (Studi Eksperimen terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Cirebon ). Proses pembelajaran matematika di SMPN 8 Cirebon lebih cenderung kurang kreatif, dan kurang variatif sehingga membuat pesertadidik pasif dalam proses pembelajaran tersebut, akibatnya untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif siswa pun sangatlah sulit. Dalam hal ini proses pembelajaaran maatematika pelu diperbaiki guna meningkatkan kreativitas berpikir siswa dalam pembelajaran matematika. Maka dari itu penelitian ini mencoba dengan model pembelajaran yang lebih kreatif dan dinamis, yakni model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching, untuk mengetahui berpikir kreatif matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pokok bahasan kubus dan balok. Dan mengkaji seberapa besar pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap berpikir kreatif matematika siswa. Dilihat dari keunggulan model pembelajaran Reciprocal Teaching, peneliti memprediksi bahwa kreativitas berpikir matematika siswa akan meningkat. karena dalam model pembelajaran Reciprocal Teaching siswa dilatih untuk membaca konsepkonsep matematika, kemudian siswa dapat menuangkan pemikiran mereka kedalam tulisan-tulisan dengan menggunakan bahasa mereka sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Cirebon, sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VIII A yang berjumlah 31 siswa. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik cluster randem sampling. Instrumen penelitian berupa angket dan tes. setelah data diperoleh kemudian dianalisis dengan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis untuk mencari besarnya pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching mendapat respon baik dari siswa dengan rata-rata angket 72,4 . Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa pada pokok bahasan kubus dan balok sebagian besar baik dengan nilai rata-rata hasil tes 79,2. dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 37,233 + 0,580 X. Dan didapat korelasi sebesar 0,624. Dan berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,302 dan ttabel = 2,05. Karena thitung > ttabel , maka Ho ditolak dan Ha di terima. Sehingga dapat di simpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X dan Y sebesar 39% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 02:32 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 04:46 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1418 |
Actions (login required)
View Item |