PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON

Ana Hidayah, (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANA HIDAYAH_58451057_ok.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ana Hidayah. NIM 58451057: “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon”. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri, September 2012. Matematika adalah pelajaran yang tidak disenangi oleh siswa, dan motivasi siswapun masih tergolong kurang untuk mengikuti kegiatan belajar di kelas. Sehingga siswa masih belum maksimal dalam mencapai hasil belajar, bisa dikatakan hasil belajarnya masih dibawah rata-rata. Keberhasilan proses belajar mengajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor intern yang meliputi kondisi fisiologis dan kondisi psikologis (bakat, minat, motivasi serta kemapuan kognitif). Sedangkan faktor ekstern meliputi (lingkungan,guru, serta sarana dan prasarana). Salah satu faktor psikologis yang dapat berperan penting dalam menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran adalah motivasi. Karena motivasi seseorang dapat melakukan apa yang membuat mereka senang dan akan mendorong mereka untuk melakukan sesuatu. Dan motivasi juga adalah suatu dorongan untuk melakukan sesuatu, motivasi dapat timbul dari diri sendiri juga dapat dari dorongan orang lain. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Selain itu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Jati tahun ajaran 2011-2012 yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah 271 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling adalah teknik sampling yang digunakan dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B yang berjumlah 44 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung pada variabel motivasi belajar adalah 4,42, nilai ttabel pada taraf kepercayaan 95% (α= 5%) adalah 2,029. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung>ttabel (4,42> 2,029) yang berarti bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar siswa juga baik yaitu 74,94. Dari hasil pengujian nilai koefisien determinasi sebesar 34,81% maka dapat diartikan bahwa variabel motivasi belajar konstribusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 34, 81%, kelinieran regresi pada Anova, nilai F = 4,72 dengan nilai signifikan sebesar 0,62. Karena nilai signifikan lebih kecil dari 2,15 maka regresi dapat dipakai untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dan persamaan regresinya = 49,36 + 0,33X.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:12
Last Modified: 06 Jun 2017 01:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item