ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (Study deskriptif di Kelas VII SMP Negeri 2 Plered Kab. Cirebon)

Anggun Maya Sari, (2013) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN SEGITIGA (Study deskriptif di Kelas VII SMP Negeri 2 Plered Kab. Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ANNGGUN MAYA SARI_OK.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anggun Maya Sari. NIM 59451058. “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Segitiga”. (Studi Deskriptif di Kelas VII SMP Negeri 2 Plered). Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang menyediakan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri, sehingga dalam prosesnya siswa dapat memperoleh pemahaman dan pengetahuan dengan lebih mendalam. Akan tetapi proses kegiatan pembelajaran matematika yang berlangsung disekolah, pada umumnya guru hanya sekedar penyampai informasi tanpa mempertimbangkan seberapa jauh pemahaman siswa terhadap konsep matematika dari pokok bahasan segitiga yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui seberapa besar pemahaman konsep yang dimiliki peserta didik; 2) mengetahui factor pendukung dan penghambat peserta didik dalam memahami konsep yang diberikan; 3) mengetahui deskripsi aktivitas siswa dalam memahami konsep matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning; 4) mengetahui respon siswa setelah melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning; 5) mengetahui sejauhmana pemahaman konsep matematika siswa setelah mengikuti proses pembelajaran Problem Based Learning. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Dengan diterapkannya pembelajaran matematika dengan model pembelajaran PBL, diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, angket dan tes. Informan dalam penelitian ini adalah kelas VII yang sudah dibentuk kelompok kelas, yaitu VII A, VII D dan VII F. dengan menggunakan proportionate stratified random sampling, maka dari masingmasing kelompok kelas didapat 18 siswa sebagai informan penelitian. Berdasarkan dari hasil wawancara tentang siswa dalam pemahaman konsep matematika, diperoleh siswa masih kurang dan masih perlu banyak bimbingan. Aktivitas siswa selama pembelajaran melalui model pembelajaran PBL diperoleh dari hasil lembar observasi dengan nilai rata-rata dari semua aspek sebesar 54,39% yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan angket respon siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran PBL termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 76,44%. Pemahaman konsep matematika siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran PBL diperoleh siswa lebih rajin dalam mencari bahan untuk menyelesaikan soal-soal yang diberikan dan menambah pemahaman siswa mengenai konsep matematika, meski masih belum 100% benar, dan hasil tes didapat nilai rata-rata 39% yang termasuk dalam kategori sangat kurang. Kata Kunci: Pemahaman konsep matematika, Problem Based Learning, Segitiga

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 30 Mar 2017 03:29
Last Modified: 07 Jun 2017 04:47
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1426

Actions (login required)

View Item View Item