Edi Junaedi, (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING (PTK Kelas VIIIA MTs PUI Rajagaluh Kab. Majalengka). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EDI JUNAEDI_06450781_ok.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Edi Junaedi : UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIIIA MTs PUI Rajagaluh pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel yang masih relatif rendah. Berdasarkan wawancara nilai rata-rata siswa yaitu 59.5 dan sebagian besar siswa belum mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh guru mata pelajaran matematika. Pada proses pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel guru menggunakan metode yang sama dengan materi lain yaitu metode konvensional. Rendahnya hasil belajar siswa dipicu aktivitas siswa pada proses pembelajaran matematika berlangsung tidak baik seperti mengganggu teman, tidak memperhatikan guru dan tertidur pada proses pembelajaran berlangsung. selain itu juga, siswa belum terbiasa belajar kelompok. Berdasarkan hal tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik secara kognitif maupun afektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel terhadap model pembelajaran Quantum Teaching. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas. penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu untuk mengukur hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Observasi yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah afektif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs PUI Rajagaluh yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 21 laki-laki dan 16 perempuan serta berkolaborator dengan 1 guru matematika dan 1 observer. Model pembelajaran Quantum Teaching yang dilakukan peneliti berdasarkan TANDUR yaitu Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan. Pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching akan membuat siswa menumbuhkan rasa ingin tahunya, percaya dirinya, motivasinya dalam belajar, mengalami sendiri dalam proses pembelajaran, dan mendemonstrasikan hasil pekerjaannya, pemikirannya, dan gagasannya di depan kelas. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dan kolaborator sebanyak tiga siklus. Hasil penelitian menunjukan peningkatan dari setiap siklus dengan melihat hasil belajar siswa pada ranah kognitif yaitu siklus I sebesar 62.2% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 66.01, siklus II sebesar 78.4% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 70.28 dan siklus III sebesar 89.2% tuntas belajar dengan nilai rata-rata 78.28. Hasil belajar ranah afektif nilai rata-rata siklus I sebesar 58.9%, siklus II sebesar 75.9% dan siklus III sebesar 88.4%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIIA MTs PUI Rajagaluh pada pelajaran matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sehari-hari
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 04:30 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1435 |
Actions (login required)
View Item |