EKO KURNIAWAN PRASETIO, (2013) PENERAPAN HYPNOTEACHING TERHADAP KONDISI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 01 KEDAWUNG. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EKO KURNIAWAN PRASETIO_OK.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
EKO KURNIAWAN PRASETIO : Penerapan Hypnoteaching Terhadap Kondisi Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 01 Kedawung Salah satu komponen atau unsur dari kegiatan belajar adalah mata pelajaran misalnya matematika. Namun banyak siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang paling sulit dan menakutkan. Untuk itu guru perlu mensiasati bagaimana cara membuat kondisi belajar menjadi aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, sehingga siswa merasa aktif dan bersemangat ketika melakukan proses pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam kurikulum pengajaran matematika dan termasuk faktor yang mempengaruhi proses kegiatan belajar mengajar dan keberhasilannya. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kondisi belajar matematika siswa adalah dengan metode hypnoteaching. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan hypnoteaching, untuk mengetahui apakah dengan hypnoteaching mampu menciptakan kondisi pembelajaran aktif kreatif, efektif dan menyenangkan, untuk mengetahui sejauhmana efektifitas hypnoteaching dalam menciptakan kondisi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan pada mata pelajaran matematika siswa kelas VII semester II di SMPN 01 Kedawung. Metode pembelajaran hypnoteaching adalah metode yang memberikan sugesti positif pada siswa sehingga merangsang alam bawah sadar, karena alam bawah sadar lebih besar dominasinya terhadap cara kerja otak. Sehingga, menjadikan siswa menjadi aktif, kreatif dan menciptakan kondisi belajar yang efektif dan menyenangkan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 01 Kedawung, dan sebagai sampel adalah siswa kelas VII I sebagai kelas eksperiment dan VII G sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 orang. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata nilai angket hypnoteaching sebesar 84,6% sedangkan nilai rata-rata angket kondisi belajar sebesar 81%. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan = 0,05, diperoleh koefisien determinasi sebesar 74%, sedangkan sisanya sebesar 26% ditentukan oleh faktor lain. Persamaan regresinya adalah = 26,430 + 0,648X artinya setiap kenaikan 1 satuan, nilai kondisi belajar akan meningkat sebesar 0,648. Sedangkan untuk hasil uji t diperoleh thitung nya 3,607, sedangkan ttabel nya 2,028 pada taraf signifikansi ∝ = 0,05, karena thitung>ttabel. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan hypnoteaching terhadap kondisi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 04:37 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 05:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1436 |
Actions (login required)
View Item |