Evi Nurjanah, (2013) PENGARUH PEMAHAMAN PERSEGI PANJANG TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL MATEMATIKA YANG BERKAITAN DENGAN BIDANG DATAR YANG LAIN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
EVI NURJANAH_OK.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Evi Nurjanah. NIM. 59451015.Pengaruh Pemahaman Persegi Panjang terhadap Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika yang Berkaitan dengan Bidang Datar yang Lain. Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah, Tadris Matematika, IAIN SNJ, Oktober 2013 Matematika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang konse-konsep yang terstruktur dan saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Matematika terdiri dari empat wawasan yang luas meliputi aritmatika, aljabar, geometri, dan analisis. Berawal dari konsep-konsep ke konsep-konsep yang sederhana hingga berlanjut lebih kompleks. Sama halnya dalam mempelajari tentang materi tentang bangun datar (selain persegi panjang) diharapkan siswa harus paham materi tentang persegi panjang. Karena dalam soal materi bidang datar didalamnya terdapat pemahaman konsep persegi panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman materi persegi panjang pada siswa kelas VII, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bidang datar yang lain (selain persegi panjang) pada kelas VII, serta untuk menentukan ada tidaknya pengaruh pemahaman materi persegi panjang terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bidang datar yang lain pada kelas VII. Persegi panjang merupakan salah satu bagian dari bidang datar dalam materi pembelajaran di sekolah. Persegi panjang merupakan materi yang disampaikan pada tingkat SMP kelas VII, materi yang diberikan sebelum melangkah kepada materi bidang datar yang lainnya seperti segitiga, persegi, jajargenjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium dan lingkaran. Oleh karena itu, persegi panjang termasuk konsep dasar yang harus dikuasai oleh siswa sebelum mempelajari materi bidang datar yang lain. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTs Siti Khadijah Kabupaten Majalengka pada tahun ajaran 2012/2013. Variabel penelitian yaitu pemahaman persegi panjang dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bidang datar yang lain. Tekhnik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tekhnik cara cluster random sampling, yaitu pada kelas VII B. Setelah data diperoleh kemudian dianalisa menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Untuk uji hipotesis, penulis menggunakan regresi linear dan korelasi. Hasil analisa tersebut menunjukan bahwa koefesien determinasi yang dihasilkan adalah sebesar 52%. Ini berarti pengaruh pemahaman materi persegi panjang terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang berkaitan dengan bidang datar yang lain sebesar 52%. Berdasarkan hasil pengujian statistik diperoleh persamaan regresi
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 05:11 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:05 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |