RISALATUL MUAWANAH, (2024) PERAN PENGURUS PONDOK PESANTREN AL-FAQIR DALAM PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI DESA PRAJAWINANGUN KULON KECAMATAN KALIWEDI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1-Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati..
Text
AWALAN -DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (576kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
|
Text
DAPUS.pdf Download (424kB) |
Abstract
Penelitian ini menggambarkan peran Pengurus Pondok Pesanren Al-Faqir terhadap pembinaan akhlak santri di desa Prajawinangun Kulon Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Kemerosotan akhlak yang dialami santri ini diakibatkan kurangnya pendidikan tentang ilmu agama terutama dalam bidang akhlak, maka dari itu perlu sekiranya ada pembinaan akhlak bagi mereka agar kedepannya memiliki perilaku atau akhlak yang baik, sehingga santri banyak yang kurang menghormati guru, kurangnya etika santri terhadap sesama santri, Maka dari itulah Pengurus Pondok Pesantren Al Faqir dalam hal ini berupaya membina akhlak santri yang ada di lingkungan tersebut dengan berbagai metode dan juga kajian. Penelitian bertujuan untuk membina akhlak santri dan mengembangkan hubungan yang santun dan mwnghormati guru, dalam rangka membina akhlak santri yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembinaan akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Faqir. Pengurus Pondok Pesantren adalah seorang yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengatur kegiatan pondok pesantren. Pembinaan Akhlak Santri adalah proses pendidikan dan pembinaan karakter yang dilakukan dalam lingkungan pesantren untuk membentuk santri menjadi individu yang berakhlak mulia. Jenis penelitian kualitatif, dengan sumber data berikut: Data Primer, Data Sekunder, Lokasi Penelitian Desa Prajawinangun kulon Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian Pondok Pesantren Al-Faqir Desa Prajawinangun kulon Kecamatan Kaliwedi Kabupaten Cirebon memiliki peran yang cukup signifikan. Hal itu dapat dicermati dalam berbagai aspek serta orientasi Pondok Pesantren. Adapun yang menjadi arah orientasi Pondok Pesantren Al-Faqir seperti : sebagai tempat membina dan mengembangkan ilmu agama, sebagai ruang pembelanjaran dan pendidikan santri. Adapun bentuk-bentuk perubahan yang terjadi meliputi : perubahan pola pikir, perubahan sikap interaksi sosial, adanya rasa saling menghargai santri, menghormati yang lebih tua dan membantu orang-orang yang kurang mampu, dan ikut serta dalam melaksanakan kegiatan pembentukan karakter di lingkungan masyarakat. Kata Kunci : Peran Pengurus Pondok, Pembinaan Akhlak
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:23 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:23 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/14459 |
Actions (login required)
View Item |