Fiqri Ulwiyatul Imamah, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN BRAIN STORMING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN (Studi Eskperimen Di Kelas VII MTs Al-Bannaa Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
FIQRI ULWIYATUL IMAMAH_OK.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Fiqri Ulwiyatul Imamah. NIM. 59461017: Pengaruh Penggunaan Kombinasi Metode Pembelajaran Discovery Learning dan Brain Storming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Himpunan. Salah satu standar kompetensi kelulusan menurut Peraturan Mentri Pendidikan (Permendiknas) Nomor 20 Tahun 2006 dalam bidang matematika adalah Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model, dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa disebabkan karena belum maksimalnya peggunaan metode pembelajaran yang bervariasi. Penggabungan metode pembelajaran discovery learning dan brain storming diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming, kemampuan pemecahan masalah pada pokok bahasan himpunan, pengaruh penggunaan kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah dan seberapa besar pengaruh penggunaan kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming adalah penggabungan metode pembelajaran discovery learning dan brain storming. Metode pembelajaran discovery learning mendorong siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran dengan cara menemukan masalahnya sendiri hingga mendapatkan kesimpulan dan Metode pembelajaran brain storming merupakan metode pembelajaran yang menghimpun gagasan atau pendapat. Pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa dalam belajar dan pemberian latihan kepada siswa dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan menerapkan pengetahuan yang dimiliki untuk mengidentifikasi masalah baru kemudian menyusun strategi untuk menyelesaikan permasalahan baru tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Penelitian ini mengambil populasi siswa kelas VII MTs Al-Bannaa Cikalahang Dukupuntang Kabupaten Cirebon yang berjumlah 47 siswa tahun ajaran 2012/2013. Sementara sampel penelitian ini diambil dari seluruh populasi, karena populasi terdiri dari 47 siswa atau kurang dari 100 siswa, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data, maka berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung (1,962) > ttabel (1,679), hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming terhadap kemampuan pemecahan masalah. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,142. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming dan kemampuan pemecahan masalah termasuk dalam kategori sangat lemah. Sedangkan, nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,201. Artinya, 20,1% kemampuan pemecahan masalah dipengaruhi oleh kombinasi metode pembelajaran discovery learning dan brain storming dan sisanya 79,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan. Kata Kunci: Kombinasi Metode Pembelajaran Discovery Learning dan Brain Storming, Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 30 Mar 2017 07:21 |
Last Modified: | 07 Jun 2017 06:15 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/1447 |
Actions (login required)
View Item |